Walantara Dukung Penuh Pelestarian Dan Penyulapan Sungai Deli Menjadi Lokasi Wisata

DPW Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Sumut
DPW Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Sumut
Bagikan :

Medan-Kliktodaynews.com DPW Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Sumut siap bekerjasama dengan semua pihak yang menginginkan lingkungan alam sekitarnya menjadi lestari dan asri. Hal ini disampaikan M. Safri Brahmana SH, MH, kepada warga Bantaran Sungai Deli dalam kunjungannya untuk meninjau langsung Lokasi Pemandian Bendungan Indah Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang Prov. Sumatera Utara, Senin (10/02/2020) sekira pukul 16.00 WIB.

Safri yang menjabat sebagai Sekjend dan didampingi oleh Chalik S Pandia SH, S.TH, selaku Bendahara DPW Walantara Sumut juga menuturkan bahwa masyarakat harus ikut serta dalam menjaga sungainya. “Cuaca yang sangat ekstrem sekarang ini bisa saja menciptakan potensi bencana alam. Hujan deras, angin kencang bisa membuat pohon tumbang. Dan semua itu bisa mencetus banjir bandang. Kita harus lebih waspada saat ini. Untuk itu mari sama sama kita jaga alam kita, menjaga kebersihan sekitar sungai juga sangat penting,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai kondisi sungai Deli, Safri menjelaskan bahwa pihak-pihak terkait harus sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan bantaran sungai. ” Sungai bukan tong sampah, air dan bantaran sungai harus bersih dari sampah,” tandasnya kemudian.

Baca Juga :  SMSI Sumut Minta Poldasu Tangkap Pelaku Penganiayaan Ketua SMSI Madina


Himbauan serupa juga dilontarkan oleh Chalik yang mengatakan bahwa pihak-pihak terkait harus mengedukasi masyarakat tentang pelestarian alam di sekitar sungai. “Ini adalah hal yang benar, dengan menciptakan lokasi wisata yang asri di bantaran sungai tersebut. Seperti yang dilakukan oleh kepala desa Sunggal Kanan Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang, Juliadi yang telah menyulap bendungan PDAM Tirtanadi Sunggal menjadi satu alternatif tujuan wisata yang menarik , indah dan asri. Hal ini disamping melestarikan sungai juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Kami dari Walantara sangat bangga dengan hasil kerja keras pemerintahan desa dan warga disini, hingga terciptanya lokasi wisata seperti ini,” ujar Chalik sambil tersenyum menutup acara sore itu. (DI/KTN)

Bagikan :