Garda Terdepan Dalam Pemberitaan Covid-19, Pemkab Toba Peduli, Bagikan Sembako Untuk Insan Pers

Bagikan :

Toba-Kliktodaynews Jurnalis sebagai salah satu profesi barisan depan dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat dinilai sangat rentan untuk terdampak wabah Covid-19. Terkait hal tersebut sebagai mitra, Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Kominfo Toba memberikan bantuan sembako kepada para jurnalis di Halaman Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Toba, Jumat (24/04/2020) sekitar pukul 14.00 WIB

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Toba Lalo Hartono mengatakan Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa kita masih bisa dapat bertemu lagi pada kesempatan ini dalam rangka penyerahan bantuan kepada wartawan.Kami menyadari sepenuhnya bahwa wartawan merupakan garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Lanjutnya,kami mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama kepada rekan-rekan wartawan yang selama ini dan sudah banyak kita lakukan sehingga betul menciptakan kerjasama yang kondusif, baik dengan masyarakat kita dan tercipta juga sosialisasi atas informasi yang semakin banyak,apa yang sudah,apa yang sedang dan apa yang akan di lakukan oleh pemerintah kabupaten Toba Samosir.

Semoga kerjasama kita semakin baik lagi dalam penyampaian informasi dan juga penyampaian hal-hal yang mungkin tidak atau luput dari teman-teman kami Wartawan bisa memberikan informasi kepada kami sehingga kami bisa melakukan hal-hal atau kegiatan dalam pencegahan penyebaran virus corona ini,ujar Lalo Hartono.

Bupati Toba Ir. Darwin Siagian mengutarakan sedikitnya 215 paket sembako dibagikan kepada para jurnalis berupa Beras 10 Kg, Telor 1 papan, Minyak Goreng 1 Kg dan Gula Pasir 1 kg. Hal ini merupakan wujud dari kepedulian, mengingat jurnalis yang terus melakukan peliputan di lapangan, terlebih lagi untuk di Kota Balige Kabupaten Toba

Bupati mengatakan sehubungan dengan merabak penyebaran virus corona di negara kita ini,mudah-mudahan di kabupaten Toba jangan sampai ada yang terkena.Kita selalu berdoa kepada Tuhan agar wilayah kita ini terbebas dari Covid-19.

Selama merebaknya virus ini,kita telah membentuk gugus yang sekarang berlokasi di Halaman Kantor Bupati.Untuk seluruh informasi yang berhubungan dengan Covid ini selalu kita update tiap hari.

Sesuai dengan Instruksi presiden bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten wajib memberikan bantuan kepada seluruh komponen masyarakat yang terdampak.

Dalam rangka itu, Pemerintah Kabupaten telah membuat rencana untuk bagaimana penanganan atau dampak sosial akibat Covid-19 tidak terlalu membebani masyarakat kita

Baca Juga :  Bincang Seru dan Asyik Tentang Sastra Batak Zaman Now


Seperti yang selama ini kita tahu, dengan adanya Covid ini banyak komunitas yang berhenti seperti tukang becak yang dulu penghasilannya lumayan dengan orang di suruh di rumah hampir tidak ada lagi yang bisa dia dapat,termasuk juga Parpolu yang dulu produksinya masih laku akibat covid ini tidak ada lagi produksi sehingga mereka di rumahkan, dan banyak lagi seperti ada karyawan hotel, yang jualan di sekolah-sekolah dengan yang liburnya sekolah sampai tanggal 29 Mei 2020 sudah pasti orang yang jualan di sekolah sudah tidak ada lagi pemasukan.Termasuk tukang pijit dan lain-lain banyak sekali yang terdampak.Dalam rangka itu maka kami membuat keputusan untuk bagaimana menolong masyarakat Toba yang terdampak.

Jadi ada beberapa point yang di rencanakan akan kita bagikan tapi itu semua kita keluarkan untuk yang mendapatkan PKH dan program sembako yang dari pemerintah.

Yang mendapat program sembako dari pemerintah kurang lebih 6021

Kemudian yang mendapatkan PKH itu 4075.Kalau di total kurang lebih 10.096 KK yang telah mendapatkan bantuan selama ini dari pemerintah pusat

Lalu tadi malam pemkab sudah melaporkan kepada kementerian sosial bahwa untuk penerimaaan Bantuan Sosial Tunai (BST) ada sekitar 15.731

Jadi ini nanti, mendapatkan bantuan pusat sslama 3 bulan.Jadi nanti sekitar 15.731 akan mendapatkan bantuan dari pusat selama 3 bulan dan di berikan dalam Bantuan Sosial Tunai (BST). Informasi yang kita dengar bahwa itu akan di salurkan lewat kantor pos

Jadi klo di jumlahkan dana bantuan dari pusat itu kurang lebih 25000

Bantuan dari Pemkab, Kelurahan yang pertama kali kita bagikan itu sekitar 1.206, ini merupakan kelurahan di Balige dari 6 Kelurahan

Yang kemaren kita bagi di 7 kelurahan selain balige yaitu Laguboti, Porsea, Ajibata, Sigumpar dan Habinsaran sebesar 1.375.

Kita lanjut lagi hari ini kita membagikan untuk Guru PAUD dan TK ada 400 dan ini sekarang sedang berjalan

Sedangkan untuk komunitas Seni seperti Parmusik, Partiga-tiga, Cathering yang telah terdampak akibat tidak ada lagi kegiatan pesta ada 358.

Untuk rekan wartawan yang ada di kabupaten Toba yang akan kita bagi sekarang ini ada 215

Nanti akan masih di verifikasi yaitu untuk Honor Komite masih belum masuk dan Data sementara ada kurang lebih 480 KK.
Baca Juga :  21 Tim Dragon Boat Berlaga di Samosir


Kemudian sedang di hitung sekarang yaitu untuk pemberian sembako kepada pegawai honor yang jumlahnya ada 1.609. Sekarang kita masih data semuanya guru SLTA yang Honor, Guru Swasta termasuk LSM, inilah yang sekarang.

Untuk informasi kemaren bahwa provinsi juga akan membantu 647 KK. Pemkab Toba lagi meminta ke Provinsi kalau boleh di tambah.Pemkab Toba juga akan berusaha bagaimana supaya 647 KK ini bisa kita tambah.

Instruksi dari Kemendes bahwa boleh juga Dana Desa di pakai untuk bantuan langsung tunai pada masyarakat yang miskin di desa, jumlahnya kurang lebih 600 ribu per bulan selama 3 bulan.Sama dengan bantuan dari kemensos 15.731 juga akan mendapatkan 600 ribu per bulan selama 3 bulan.Tapi sampai dengan sekarang, pendataan di desa belum tuntas.Karena Desa nanti pakai uang desa.

Kemudian dari pemkab, telah selesai dari Kelurahan akan kita sisir lagi, Apa masih adakah penduduk Toba yang terdampak.

Nanti kita akan masukkan lagi untuk desa, di luar dari 15.731, di luar juga yang akan di salurkan oleh desa.Jadi kita harapkan minggu ke depan berapa jumlah KK yang bisa di biayai oleh Dana Desa akan kita teruskan, agar bisa kita jumlahkan.

Sementara jumlah yang sudah ada di Pemkab dan yang sudah tertangani kurang lebih 32.116 KK. Ini di luar dari Guru Honor, di luar LSM, di luar bantuan Desa dan lain-lain

Bupati berharap dengan adanya bantuan ini ada bantuan dari pusat, ada bantuan dari Provinsi dan ada bantuan dari pemerintah kabupaten, mudah-mudahan masyarakat kita bisa tertolong akibat virus corona (Covid19), pungkas Bupati Toba Ir.Darwin Siagian.

Kemudian mewakili dari Insan Pers menghimbau pada rekan rekan media agar kita saling membangun dan mendukung program pemerintah dan jangan saling mencari kesalahan pemerintah dan mengucap banyak terimakasih kepada pemerintah kabupaten atas bantuan ini serta kita harus selalu tetap bersinergi dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Turut hadir Bupati Toba Ir.Darwin Siagian beserta Jajaran Pemerintahan Kabupaten Toba, Kadis Perhubungan Tito Siahaan, Kadis Kominfo Lalo Hartono beserta jajaran Kominfo dan Insan Pers ( DNM/KTN )

Bagikan :