Rawan Tumbang, Batang Pohon Keropos Ancam Keselamatan Warga Dan Pengguna Jalan

Keterangan Photo : Warga Memohon Pihak Terkait Segera Melakukan Penumbangan Pohon Di Lintas Jalinsum Pematang Siantar - Perdagangan Kilometer 34-35 Tepat Di Wilayah Nagori Pematang Kerasaan Rejo Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun.
Keterangan Photo : Warga Memohon Pihak Terkait Segera Melakukan Penumbangan Pohon Di Lintas Jalinsum Pematang Siantar - Perdagangan Kilometer 34-35 Tepat Di Wilayah Nagori Pematang Kerasaan Rejo Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun.
Bagikan :

Bandar-Kliktodaynews.com Pohon kering dan keropos pada pangkalnya di Jalan Lintas Sumatera jurusan Pematang Siantar – Perdagangan Kilometer 34-35, tepatnya wilayah Huta II Nagori Pematang Kerasaan Rejo Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun  dikhawatirkan warga dapat mengancam keselamatan pengendara atau pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut.

Muslian Damanik (43), salah seorang warga setempat mengatakan pohon mahoni di pinggir jalan sudah mati dan tampak jelas batang pohonnya sudah keropos tersebut sangat membahayakan warga sekitar dan pengguna jalan terutama saat kondisi cuaca seperti saat ini, musim penghujan. 

“Ini sangat berbahaya, demi keselamatan kita bersama makanya kami berharap pemerintah setempat atau instansi terkait sekalian menebang pohon itu, sebelum terjadi malapetaka,” ujarnya pria bertubuh jangkung kepada awak media ini, Senin (14/9/2019).

Selanjutnya Damanik menyebutkan, kondisi batang pohon mati dan keropos ini sudah  berlangsung lama, namun seolah luput dari perhatian. Terlebih lintasan jalan provinsi ini terbilang cukup padat dilalui kendaraan. 

“Kita jangan anggap sepele dengan kondisi pohon yang selama ini tak diperhatikan, ternyata batang pohonnya sudah keropos dan kondisinya sudah tidak lagi tegak lurus ke atas,” tandas Damanik.  Salah seorang pengguna jalan, mengaku bermarga Simangunsong saat dimintai komentarnya juga mengaku sangat mengkhawatirkan pohon kering dan keropos tersebut yang sewaktu-waktu bisa rebah dan menimpa pengguna jalan. “Batang pohon ini sudah keropos secepatnya dilakukan penebangan, sebelum tumbang dan memakan korban,” ucapnya. Menurutnya, pihak terkait seharusnya segera melakukan penebangan sejumlah pohon-pohon rawan tumbang yang berada di tepi jalan lintas ini karena dianggap dapat membahayakan warga dan pengguna jalan. “Secepatnya harus ditebang. Kalau pohon ini tumbang sendiri, itu yang bahaya. Jangan tunggu lama, jangan tunggu korban dulu instansi terkait mesti segera bertindak,” pinta Simangunsong pamit melanjutkan perjalanannya. 

Baca Juga :  Pengungkapan Drama Perampokan Sadis Di Jalan Asahan, 3 Pelaku Di Ringkus, 2 DPO


Terpisah, Siddiq Purnomo saat disambangi di kantornya mengatakan, sudah banyak warga sekitar melaporkan kepada pihaknya untuk menindaklanjuti permasalahan pohon di sepanjang jalan wilayahnya yang rawan tumbang. 

“Benar, banyak yang melaporkan keluhan soal pohon yang rawan tumbang di sepanjang jalan lintas wilayah kita ini, bos. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, segera dan secara resmi kita akan menyurati pihak kecamatan untuk memohon izin penumbangan pohon yang dianggap mengancam keselamatan warga dan pengguna jalan,” sebut Pangulu Nagori Pematang Kerasaan Rejo saat ditemui di ruang kerjanya. (RY/KTN)

 
Bagikan :