Irigasi Jebol, Puluhan Ha Sawah Gagal Panen di Talun Madear Simalungun

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com|| Para Petani di Nagori Talun Madear Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun resah akibat jebolnya dinding Irigasi Talun Madear. Seperti diketahui bahwa puluhan Ha persawahan yang dikenal dengan nama : Saba Baru ” itu mengalami kekeringan dan jika saja tidak segera diperbaiki maka petani akan mengalami gagal panen .

UPTD PSDA Kecamatan Pematang Bandar Sangkot Sirait saat ditemui dilokasi irigasi itu Jumat ( 03/5 ) sekira jam 09.wib mengatakan: dirinya sedang melaksanakan gotong royong membuang pasir dari saluran ( sedimentasi ) bersama para pegawai PSDA.

Dikatakan Sirait kita sudah melaporkan hal ini ke Kadis PSDA Simalungun namun belum ada jawaban.

Masih menurut Sirait dirinya tidak akan tinggal diam, terus berupaya dengan Pangulu, kelompok tani dan petani gotong royong dan mengumpulkan dana berupa sumbangan untuk memperbaiki irigasi yang Jebol tersebut.

Purba salah seorang ketua Kelompok Tani mengatakan kepada media ini kita dengan sukarela mengumpulkan dana guna perbaikan irigasi itu.

” Jika saja tidak segera dibenahi irigasi yang Jebol tersebut maka petani gagal panen tentunya petani tak bisa bayar pajak ,” ujarnya.

Ditempat terpisah tokoh pemuda Pematang Bandar Sandi Siahaan minta kepada Bupati Simalungun untuk segera memperbaiki irigasi yang Jebol tersebut agar petani dapat mengelola tanaman mereka dengan baik.

Pantauan kru media ini dilokasi jebolnya bendung irigasi terlihat ada sepanjang 8 meter dinding yang Jebol,dan harapan para petani kepada pemerintah agar segera membenahi kerusakan tersebut ( TB Purba )

Bagikan :