Wali Kota Siantar Hadiri Raker APEKSI Komwil 1 di Pekanbaru

Bagikan :

Sumut-Kliktodaynews.com|| Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) 1 Pekanbaru Tahun 2024 merekomendasikan beberapa permasalahan di daerah untuk menjadi masukan bagi pemerintah pusat. Sehingga tujuan otonomi daerah untuk masyarakat dapat maksimal, yang bermuara untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk di Kota Pematangsiantar.

“Banyak yang diperoleh dari kegiatan Komwil 1 APEKSI 2024 ini selain silaturahmi antar kepala daerah,” kata Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA yang hadir bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH, ditemui di sela-sela kegiatan raker, di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru, Jumat (03/05/2024).

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP dalam sambutannya di acara Raker mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah penyelenggaraan Raker APEKSI Komwil 1 Tahun 2024.

Raker tersebut, katanya, dinilai sebagai sebuah momentum yang sangat berharga bagi pemangku kepentingan pembangunan di tingkat kota. Sehingga melalui forum tersebut, dapat bertukar pengalaman dan memperkuat kerja sama serta merumuskan strategi bersama dalam menyelesaikan persoalan di wilayah Pulau Sumatera.

Baca Juga :  Poldasu Tangkap Sindikat "Becak Hantu" Pembobol Toko di Medan

“Sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru, saya menyambut hangat kehadiran para kolega dari berbagai kota di Sumatera. Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan kerja sama yang kuat, kita dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan yang telah direncanakan,” tandasnya.

Sedangkan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengucapkan selamat datang kepada seluruh wali kota delegasi yang hadir di Bumi Lancang Kuning. Menurut SF Hariyanto, raker memiliki arti yang sangat penting dan strategis, yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan sinergitas dalam percepatan pembangunan dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan dalam segala sektor.

Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat menjadi bagian untuk mewujudkan sinergitas dan kolaborasi antar kota khususnya di wilayah I Sumatera.

“Sudah saatnya tidak bersaing antar kota, tapi saling mendukung dan bersinergi untuk sama-sama maju ke depan,” sebutnya.

Raker diikuti 24 kota delegasi dari 5 provinsi di Sumatera, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. Raker yang mengangkat tema: “Kolaborasi Kota Menuju Indonesia Emas 2024” dibuka oleh Menteri Dalam Negeri diwakili Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bidang Hukum, Kerjasama, dan Kepegawaian Suhajar Diantoro.

Baca Juga :  Cegah DBD, Pemerintah Desa Aek Songsongan Lakukan Fogging dan PSN

Pembukaan Raker Kompang (alat musik khas Melayu) bersama oleh Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, dan Wakil Ketua III Komwil I APEKSI sekaligus Wali Kota Binjai Amir Hamzah.

Raker APEKSI Komwil 1 2024 menghasilkan 23 rekomendasi yang telah disusun, dan akan diserahkan kepada APEKSI Pusat untuk disampaikan kepada pemerintah pusat. (*)

Bagikan :