Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Siantar Marihat Meski Berbeda Suku dan Agama

Bagikan :

ADVERTORIAL|| Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Di tanggal itulah, masyarakat merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Momen tersebut merupakan bentuk penghormatan bagi para Pahlawan yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tanggal bersejarah kerap dinanti karena diperingati dengan beragam tradisi perayaan yang semarak melibatkan berbagai elemen masyarakat Indonesia.

Camat Siantar Marihat, Henri Gunawan Purba SH berpartisipasi dalam kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Farel Pasaribu (Lapangan Horbo), Kamis (17/08/2023). Hadir juga, Lurah Suka Makmur Sri Endang Utama SH, Lurah Suka Maju Yeyen Ferdinand Sitohang SH, Ketua Karang Taruna Kecamatan Siantar Marihat Feri Panjaitan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta tokoh masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kota Pematang Siantar, Kecamatan Siantar Marihat, dan Kelurahan mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang ikut serta mensukseskan kegiatan acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78,” sebut Henri Purba.

Henri juga menyampaikan agar di momen bersejarah ini, masyarakat dapat mengingat kembali perjuangan para Pahlawan yang telah rela berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

“Perjuangan para Pahlawan tidaklah sia-sia. Mereka telah menumpahkan darah, keringat, dan air mata untuk mewujudkan impian Indonesia merdeka. Mari bersama-sama, di Hari Kemerdekaan ini agar kita terus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa meskipun kita berbeda suku dan agama. Merdeka!” ujar Henri.

Camat Siantar Marihat, Henri Gunawan Purba S.H, Bhabinkamtibmas, Team Sepak Bola Ibu-ibu Suka Makmur

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Siantar Marihat, Feri Panjaitan menyampaikan, dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan, pihaknya menggelar berbagai lomba, mulai makan kerupuk, balap karung, pertandingan bola, hingga tarik tambang. Kepada para juara, diberikan hadiah yang tentunya menarik.

“Lomba terbuka untuk masyarakat umum. Dikhususkan bagi warga Kecamatan Siantar Marihat. Mulai anak sekolah, pemuda, dan ibu-ibu,” sebut Feri.

Feri pun berharap, dengan adanya kegiatan di peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, perjuangan Pahlawan akan selalu dikenang.

“Pengorbanan nyawa mereka tidak akan pernah pudar dari ingatan bangsa ini. Oleh karena itu marilah kita merayakan Hari Kemerdekaan ini dengan semangat perjuangan para Pahlawan,” ajaknya.

Tengah : Camat Siantar Marihat, Henri Gunawan Purba S.H, Kiri: Lurah Suka Makmur Sri Endang Utama SH, Kanan: Lurah Suka Maju Yeyen Ferdinand Sitohang SH

Salah satu panitia peringatan Hari Kemerdekaan di Kecamatan Siantar Marihat, Hesty, mengaku senang dengan tingginya animo masyarakat. Dia menambahkan, pihak panitia mengemas kegiatan perlombaan yang dapat melibatkan berbagai elemen masyarakat.

“Kalau acara, memang kita kemas dengan kegiatan lomba yang dapat melibatkan seluruh masyarakat. Siapapun dapat turut aktif dalam kegiatan yang kita gelar hari ini, mulai anak-anak hingga ibu-ibu ikut serta mensukseskan kegiatan ini,” tutur Hesty. (adv)

Bagikan :