Ringankan Beban Petani, Pemdes Hilifalawu Serahkan Bantuan Pupuk NPK Secara Gratis

Bagikan :

Nias Selatan – Kliktodaynews.com Guna membantu dan meringankan para petani di Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan dalam memproduksi padi dimasa pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Desa Hilifalawu menyerahkan bantuan berupa Pupuk NPK dan secara gratis kepada para petani di Desa Hilifalawu.

Penyerahan bantuan pupuk ini diserahkan langsung Kepala Desa Hilifalawu Asalmar Petrus Halawa secara simbolis kepada perwakilan petani di Desa Hilifalawu. Jum’at (24/7/2020) di RT 009, RW 004, Dusun II Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna.

Dalam menghadapi pandemi covid 19 ini sangat diperlukan penguatan ketahanan pangan, dimana Pemerintah Desa Hilifalawu berupaya membantu meringankan beban para petani untuk tetap bisa memproduksi padi dalam situasi seperti ini, dengan memberikan bantuan berupa Pupuk NPK, demikan disampaikan Kepala Desa Hilifalawu Asalmar Petrus Halawa usai penyerahan bantuan.

“Kami sadar pemerintah Desa Hilifalawu belum bisa memenuhi semua kebutuhan pangan masyarakat, setidaknya ini bisa mengurangi beban petani dalam masa pandemi ini dalam produktivitas bertani. Yang mana sebenarnya petani ini yang paling aman dalam bekerja karena lahan yang luas dan cuma satu sampai tiga orang saja dibutuhkan saat menanam padi. Akan tetapi tetap harus menjaga diri dengan protokol kesehatan, dikarenakan kebanyakan para petani sudah berumur lanjut. Ya tetap harus menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak saat beraktivitas baik disaat disawah maupun dirumah, “ujar Asalmar.

Baca Juga :  Warga Desa Sisarahili Huruna, Rindukan Pembangunan Infrastruktur dan Aliran Listrik


Lebih lanjut dikatakan, saat ini Pangan Pertanian merupakan usaha yang sangat baik dikarenakan pangan itu memang terus dibutuhkan dan tidak bisa untuk berhenti. Untuk itu diharapkan para petani bisa mengolah lahan sawahnya dengan  baik untuk bercocok tanam. Dan selalu jaga diri, jaga keluarga, jaga kelompok-kelompok tani serta jaga lahan sawah agar bisa selalu berproduksi menghasilkan pangan untuk kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Asalmar Petrus Halawa menjelaskan bahwa sebelumnya Pemdes telah menyerahkan bantuan peralatan sederhana dan dilanjutkan penyerahan pupuk pada hari ini, dan hal ini akan dilanjutkan hingga pemberian obat-obatan demi untuk mencapai hasil panen yang maksimal, “ungkap Kades Hilifalawu.

Sedangkan, Abiyudin Halawa yang ikut menerima bantuan mengungkapkan rasa terimaksihnya yang sebesar-besarnya kepada Pemdes Hilifalawu atas perhatiannya kepada para petani di saat musim pandemi covid 19 ini.

“Untuk pengamanan produksi padi, kami petani Desa Hilifalawu siap berusaha untuk memenuhi pangan yang ada di Desa Hilifalawu dan siap melaksanakan protokol Kesehatan saat Bertani maupun dilingkungan masyarakat, “tegasnya.
Baca Juga :  Cegah Covid-19 Kadishub Nisel Wajibkan Staf Dan Pengunjung Cuci Tangan.


Penyerahan Pupuk tersebut turut disaksikan oleh pengurus BPD Hilifalawu, Pengurus LPM, TP-PKK, Perangkat Desa dan sejumlah para petani. (YML/KTN)

Bagikan :