Asal-usul Slogan “Semangat Menolak Menyerah” yang Temani Perjalanan Karier Indra Sjafri

Bagikan :

Jakarta-Kliktodaynews.com Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri kerap, menggaungkan slogan “semangat menolak menyerah” dalam membangun sepak bola Tanah Air. Slogan itu selalu menemani perjalanan karier Indra Sjafri sejak masih melatih tim nasional U19 hingga saat ini. Dalam proses pembentukan slogan “semangat menolak menyerah”, terdapat cerita menarik di baliknya. Hal tersebut terungkap dalam wawancara ekslusif KOMPAS.com bersama Indra Sjafri, Sabtu (25/4/2020).

Kepada KOMPAS.com, pelatih asal Sumatera Barat itu mengatakan bahwa ide terwujudnya slogan “semangat menolak menyerah” hadir ketika Inda Sjafri masih menangani timnas U19 Indonesia. Dia mengaku sempat mengalami kesulitan ketika melakukan blusukan dari ujung barat ke timur Indonesia guna menemukan potensi muda yang layak membela skuad Garuda Muda. Namun, kerja keras dan rasa lelah yang ia rasakan terbayar setelah timnas U19 berhasil menorehkan prestasi mengagumkan. Di antaranya adalah menjuarai Piala AFF U19 2013 dan lolos ke putaran final Piala Asia 2014.

Mereka berhak melaju ke putaran final seusai menaklukkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Perjalanan mencari bakat muda hingga menorehkan prestasi itulah yang membuat Indra Sjafri mulai menggaungkan slogan “semangat menolak menyerah”.

Baca Juga :  Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos Ke Putaran Final Piala Asia U-23 AFC


Dia berharap, seluruh pelaku sepak bola Tanah air bisa mengamalkan slogan tersebut. “Saat saya berkarier di sepak bola (2011), di timnas, bagaimana sulitnya membangun satu tim yang bisa memberikan kebanggan bagi bangsa Indonesia,” ungkap Indra Sjafri.

“Era Evan Dimas juara, kebetulan mengalahkan Korea Selatan dan lolos ke Piala Asia,” ujarnya. “Dari perjalanan itu perlu semangat menolak menyerah. Tantangan yang saya hadapi bukan masalah sederhana. Banyak rintangan, halangan yang saya hancurkan dan tumpas,” tutur dia menambahkan. Lebih lanjut, Indra Sjafri juga mengatakan bahwa slogan yang menemani perjalanan kariernya itu sudah dipatenkan saat bersama Bali United (2015-2016). “Sudah kami patenkan saat di Bali United, mematenkan slogan ‘semangat menolak menyerah’,” kata Indra Sjafri. Torehan yang ia raih bersama skuad Garuda Muda juga menjadi salah satu alasan keberadaan Indra Sjafri di kursi Direktur Teknik PSSI.

Pengalaman dan intuisinya dianggap bisa memaksimalkan bakat sepak bola yang dimiliki Ibu Pertiwi. Prestasi Indra Sjafri: – Mengantarkan timnas U19 menjuarai Piala AFF U19 2013 – Mengantarkan timnas U22 menjuarai Piala AFF U22 2019 – Peraih medali perak SEA Games 2019 bersama timnas Indonesia.
Baca Juga :  AJI Desak Pemerintah Transparan dan Terbuka soal Informasi Covid-19


Sumber : Kompas.com

Bagikan :