Sosialisasi Covid-19 dan Test Urine Di Rutan Kelas IIB Kabanjahe

Bagikan :

Tanah Karo-Kliktodaynews.com Saat ini pemberitaan di segala jenis media tentang virus Corona telah sampai kepada setiap orang di seluruh belahan bumi. Virus mematikan tersebut sekarang menjadi topik pembicaraan yang hangat untuk semua element masyarakat. Menyikapi hal ini, maka Ka.Rutan Kelas II B, Enjat Lukmanul Hakim,Bc.IP.SH bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Karo dalam hal ini diwakili oleh Kepala Puskesmas Kabanjahe, Dr. Lapan Tarigan mengadakan sosialisasi penanggulangan bahaya Covid-19 di hadapan ratusan warga binaan dan puluhan orang pegawai Rutan, pada hari Rabu 18 Maret 2020 bertempat di Rutan Kelas II B Kabanjahe, Kab. Karo, Sumatera Utara, sekira pukul 09.00 WIB.

Dalam kesempatan itu Ka.Rutan juga mengatakan bahwa di sela sela kegiatan sosialisasi ini pihak Rutan juga mengadakan tes urine untuk semua pegawai Rutan Kelas IIB, “Bahaya Narkoba juga tidak kalah dari bahaya Corona. Kami bekerja sama dengan pihak BNNK Karo untuk memberantas peredaran narkoba di Tanah Karo ini. Sebisa mungkin kita lakukan pencegahan dini bagi masuknya narkoba ke kalangan masyarakat. Khususnya juga di dalam rutan Kabanjahe ini,” ujar Ka. Rutan

Baca Juga :  Pemkab Karo Peringati HUT LVRI Ke-64


Memang seperti yang terlihat oleh kru Kliktodaynews, sesaat setelah acara Sosialisasi Pencegahan Covid-19, seluruh petugas di Rutan Kelas IIB Kabnjahe yang berjumlah 68 orang melakukan tes urine. ” Tes urine ini sendiri kita lakukan untuk mengetahui bahwa petugas kita betul betul harus bersih dari narkoba.” Jelasnya kepada wartawan.

Ka.Rutan asal Banten ini juga menuturkan kalau tes urine seyogya juga akan dilakukan kepada 208 orang warga binaan. Tapi urung dilakukan karna kurangnya alat tes. “Maka kita lakukan tes urine hanya buat pegawai dulu. Nanti akan ditindak lanjutin ke warga binaan secara bertahap,” tegasnya.

Senada dengan yang diucapkan oleh Enjat, Dr. Lapan Tarigan menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan diri. ” Banyak konsumsi makanan yang bergizi. Dan bahan- bahan makanan yang bergizi ini bisa kita dapatkan dari sekitar kita. Semuanya tidak memakan biaya mahal. Batasi juga berada di luar rumah untuk bertemu denga banyak orang. Mungkin ini juga agak susah untuk dilakukan oleh masyarakat kita, mengingat seringnya berlangsung acara acara adat yang mengharuskan kita untuk berada di tengah keramaian.” tuturnya menjelaskan.
Baca Juga :  Pemimpin Harus siap Dikritik, Dibuly, Dicaci maki saat tampil di Rakorpem Kec. Merek,


” Kalau bisa, masyarakat jangan berpikiran negatif sehingga memunculkan ketakutan yang berlebihan atas virus Corona ini. Menjaga imunitas tubuh itu lebih penting untuk mencegah virus tersebut,” ujar Dr. Lapan lagi.

Sementara itu Kasi Berantas BNNK Karo menambahkan bahwa pemakai narkoba tidak akan pernah tua, karena sebelum tua dia sudah menghadap yang Kuasa. “Untuk itu kalau tidak mau cepat meninggal, bagi pengguna narkoba yang mau sembuh dari candu narkoba, harus menguatkan hati, memutuskan hubungan komunikasi dengan teman-teman pemakai narkoba,” katanya dihadapan ratusan warga binaan yang sebagaimana kita ketahui hampir 70 % adalah kasus narkoba ini.

Kasi Berantas BNNK Karo kembali menegaskan bahwa pihak BNNK Karo siap menerima dan membantu warga binaan yang tersandung masalah narkoba. ” Dan semua perobatan itu akan kita berikan gratis bagi warga binaan Rutan kelas IIB.” ujarnya menutup wawancara.

Reporter : Dewi

Bagikan :