Bupati Karo Resmikan Pembukaan TMMD ke-107 oleh Kodim 0205/TK

Bagikan :

Tanah Karo-Kliktodaynews.com Program Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke- 107 Kodim 0205/TK, secara resmi dibuka dan ditanda tangani oleh bupati Karo, Terkekin Brahmana SH. Penandatanganan dilaksanakan di Ruang Data Makodim 0205/TK  , pada Hari Senin 16/03/2020 . Dalam acara tersebut, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0205/TK  Letkol. Inf Taufik Rizal juga menandatangani naskah TMMD bersama Tiga Pilar dalam pelaksanaan upacara pembukaan.

Adapun thema yang diangkat dalam TMMD ke-107 Kodim 0205/TK tersebut adalah “Semangat Kemanuggalan TNI Dengan Rakyat Dalam Mempercepat Pembangunan Demi Mensejahterakan Masyarakat Khususnya Wilayah Desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo “.

“Kegiatan TMMD kali ini akan membangun jembatan antara Desa Kacaribu dan Desa Kandibata. Jembatan ini akan menjadi jalan penghubung kedua desa dan tentu tujuannya bisa mengurai kemacetan di Kota Kabanjahe,” terang Terkelin.

Terkelin juga mengatakan bahwa dengan di bangunnya Jembatan di Jalur alternatif ini , disamping bisa dilewati mobil truk dan bisa juga mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar khususnya masyarakat Desa Kacaribu ini.

Kali ini pembangunan jembatan dengan lebar 6 meter dan panjang 18 meter, pembuatan parit sepanjang 200 meter serta pembuatan beronjongan batu akan menjadi tugas mereka dalam TMMD kali ini. Pengerjaan ini akan dikerjakan oleh anggota Kodim 0205/TK sebanyak 30 orang, anggota bataliyon 123/RW sebanyak 25 orang, dan pekerja sipil sebanyak 8 orang.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Kab Karo yang Memprakarsai Penanaman Bunga Tasbih di Kabanjahe


Menurut Dandim 0205/TK Letkol.Inf. Taufik Rizal, kegiatan TMMD mulai dilaksanakan dalam bulan ini. “Adapun yang akan kita bangun yakni, pembuatan jembatan, pembuatan drenase dan pembuatan gorong-gorong. Selain program fisik, seperti biasa ada juga sasaran non fisik seperti memberikan penyuluhan kesadaran Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Pendidikan kepada anak anak sekolah ” ujarnya.

Dandim kembali menjelaskan, TMMD merupakan wujud operasi Bhakti TNI yang melibatkan seluruh Komponen Bangsa dan dilaksanakan secara terpadu antara TNI dengan Pemerintah Daerah yang betujuan untuk mempercepat program pembangunan Daerah yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat khususnya daerah terpencil dan terisolasi.

Diakhir pembicaraan Taufik berharap seluruh pihak maupun masyarakat setempat dapat bekerja sama untuk ikut berperan serta dalam mensukseskan TMMD ke – 107 di Kabupaten Karo ini, sehingga program fisik dan non fisik dapat berjalan sesuai harapan.

Reporter : Dewi

Bagikan :