Sidak Pekerja Asing Di PLTH Mikro Desa Kandibata Oleh Bupati Dan Forkopimda Karo

Bagikan :

Tanah Karo-Kliktodaynews.com Untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Bupati Karo bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karo, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di proyek pengerjaan dan pembangunan PLTHMikro, Desa Kandibata, Kec. Kabanjahe, Karo, Senin (16/03/2020) siang.

Sidak yang dilakukan ini dikarenakan pada pengerjaan proyek pembangkit listrik ini menggunakan para pekerja tenaga asing yang berasal dari Cina, dan juga sebelumnya dilokasi ini sempat dilakukan isolasi terhadap 5 pekerja tenaga asing asal Cina yang baru saja tiba.

Bupati Karo, yang ditemani Dandim 0205 TK, Kapolres Tanah Karo, Dinas Ketenagakerjaan Karo, Satpol PP, dan staff lainnya berkumpul di salah satu ruangan untuk melihat dan mendiskusikan jumlah tenaga kerja yang bekerja di proyek tersebut.

Menurut Bupati Karo, Terkelin Brahmana, kedatangannya kali ini adalah untuk memastikan tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaan ini. Dikarenakan sebelumnya sempat ditemukan beberapa pekerja tenaga asing yang baru datang dan kemudian dilakukan isolasi.

“Kira-kira sebulan yang lalu di tempat ini ada tenaga kerja asing yang datang dan kemudian kita karantina selama 14 hari dan hasilnya negatif virus corona. Dan kali ini juga kita kembali datang kembali bersama Dandim dan Kapolres untuk memastikan kondisi dan situasi terakhir di perusahaan ini berapa banyak tenaga kerja asing yang berada disini,” jelasnya kepada wartawan.

Baca Juga :  Penegasan Konsep Noney Follow Program dengan Pendekatan HITS


Dirinya juga menambahkan, hasil keputusan pertemuan dengan pihak perusahaan, dibentuk suatu pernyataan dan perjanjian berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melaporkan para pekerja asing ini.

“Dan tadi Setelah kita cek langsung, disini tidak begitu banyak pekerja tenaga asingnya. Namun kita sudah arahkan kepada pihak perusahaan untuk berkoordinasi dengan kepala desa setempat dan polisi untuk mendatakan pekerja asingnya,” terangnya.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat jangan panik, dan tidak mudah percaya dengan informasi hoax. Dan meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan diri.

“Langkah kita ini untuk meminimalisir datangnya virus covid-19 ini ke tanah Karo. Dan kita minta kepada masyarakat untuk tenang, jangan panik, jangan gampang percaya dengan informasi hoax yang dapat merugikan diri kita sendiri dan orang lain. Tetap menjaga kebersihan diri, dengan mencuci tangan,” harapnya.

Reporter : Dewi

Bagikan :