Bupati Karo : Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir Di Kabupaten Karo Tergolong Rendah Secara Nasional

Bagikan :

Tanah Karo-Kliktodaynews.com Infant Mortality Rate atau Angka Kematian Balita di Kabupaten Karo relatif lebih rendah bila dibandingkan Angka Kematian Balita di Provinsi Sumatera Utara maupun Nasional. Demikian pula Angka Kematian Ibu (AKI) yang baru melahirkan, Kabupaten Karo tergolong rendah secara nasional. Angka Kematian Bayi (AKB) maupun Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan indikator yang lazim digunakan untuk menentukan derajat kesehatan masyarakat, baik pada tataran kabupaten, provinsi maupun nasional.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH saat membuka Lokakarya Kampanye Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir yang digelar USAID Jalin, Jumat (24/5) di Hotel Mickie Holiday Resort, Berastagi, Kabupaten Karo.

Turut hadir mendampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi, Kepala Dinas Kesehatan, drg Irna Safrina S Meliala, MKes. Selanjutnya peserta terdiri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), MUI, FKUB, PKK, KNPI, tokoh-tokoh masyarakat, dinas kesehatan dari 4 kabupaten, yakni Kabupaten Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Samosir.

Rendahnya angka kematian ibu baru melahirkan dan bayi yang baru dilahirkan di Kabupaten Karo menjadi perhatian Kementerian Kesehatan RI. “Dari Kemenkes RI lah saya dapat informasi bahwa angka kematian ibu baru melahirkan dan bayi yang baru dilahirkan di Kabupaten Karo tergolong rendah secara nasional,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Musim Hujan, Beberapa Lokasi Suite Pakkar Berastagi-Kabanjahe Dilanda Banjir


Menurut Terkelin Brahmana, hal itu mungkin dipengaruhi bahwa setiap ibu yang baru melahirkan dan bayi yang baru dilahirkan di Kabupaten Karo masih melekat atau mewarisi tradisi-tradisi lama hingga sekarang. Yakni, setiap ibu yang baru melahirkan disembur atau dikuningi (bahasa Karo-red) dengan menggunakan bahan-bahan alami.

“Saat persalinan hingga beberapa bulan usai melahirkan, ibu dan bayi di Kabupaten Karo dirawat dengan baik dan memiliki tradisi kuat menggunakan rempah-rempah. Demikian juga saat mandi, baik ibu maupun bayi menggunakan rempah-rempah termasuk makanan pun sangat dijaga dengan menggunakan rempah-rempah seperti lada yang ditumbuk halus,” ungkapnya.

Sementara Nasril Lubis dan Regional Manager USAID Jalin, menjelaskan dari Data Kemenkes RI DAN Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, tingkat kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia, dan Provinsi Sumatera Utara secara khusus, masih relatif tinggi. Di Sumut setiap minggunya ada lima (5) ibu dan 18 bayi baru lahir yang meninggal dunia. Sebagian besar kematian ibu dan bayi baru lahir itu sesungguhnya dapat dicegah.

Fakta, di Indonesia, 8 bayi baru lahir dan dua ibu meninggal setiap jam. Di antara negara ASEAN, Kamboja dan Myanmar memiliki angka kematian ibu dan bayi baru lahir yang lebih baik. Program USAID bertujuan untuk berkontribusi terhadap upaya peningkatan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di Indonesia dengan pendekatan yang berbeda.
Baca Juga :  Rutan Kelas IIB Kabanjahe Terbakar,Ratusan Warga Binaan Di Evakuasi


Beberapa hal penyebab tingginya angka kematian ibu dan bayi baru dilahirkan, masih banyak masyarakat, terutama dari kalangan menengah ke bawah yang belum mengetahui adanya zaminan persalinan dari pemerintah sehingga mereka enggan memeriksakan kehamilan dan melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, terang Nasril Lubis.

Melalui Lokakarya ini, diharapkan terjalin kolaborasi dan sinergitas yang berkelanjutan antara pemerintah dan semua pemangku kepentingan lainnya agar memiliki kepedulian tentang persoalan ini sehingga upaya menekan AKI dan AKB bisa berkelanjutan untuk masa-masa mendatang, harapnya.

Thema dalam Lokakarya itu, “Masyarakat, Mainkan Peranmu, Ibu Ketahui Hakmu” dipandu moderator Nasril Lubis dan Regional Manager USAID Jalin. Melalui program Jalin USAID, dilakukan pendekatan dengan berbagai pihak untuk mengakhiri kematian yang dapat di cegah.

Toga Nainggolan dan Nasril Lubis berharap melalui diskusi ini bisa memberi solusi konkret untuk semua pihak khususnya pemerintah daerah untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Pungkasnya(lin) ket foto :Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH saat membuka Lokakarya Kampanye Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir yang digelar USAID Jalin, Jumat (24/5) di Hotel Mickie Holiday Resort, Berastagi, Kabupaten Karo.

Reporter : Terkelinbukit

Bagikan :