Benarkah Besok Harga Pertamax Jadi Naik? Ini Jawaban Pertamina

SPBU
SPBU
Bagikan :

JAKARTA РKliktodaynews.com|| Beredar informasi BBM jenis Pertamax atau BBM RON 92 akan mengalami kenaikan esok hari, Jumat (1/3/2022). Berdasarkan informasi Pertamax dari harga  Rp9.000 per liter akan menjadi seharga 12.000 per liter pada 1 April 2022 besok.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan pihak Pertamina sedang melakukan kajian terkait kenaikan tersebut. “Masih kami kaji,” ujarnya, dilansir dari detik.com, Khamis (31/3/2022).

Bila dicermati, harga keekonomian Pertamax sendiri sudah jauh dari harga jual yang ada saat ini. Berdasarkan perhitungan Kementerian ESDM, harga Pertamax diperkirakan menyentuh Rp 16.000 per liter. Sementara, saat ini Pertamax dijual dengan harga Rp 9.000 per liter, dan Rp 9.200 per liter di beberapa daerah.

Berdasarkan regulasi, apabila badan usaha akan melakukan penyesuaian harga, maka badan usaha melaporkan kepada Kementerian ESDM. Dikutip dari laman resminya, harga BBM RON 92 yakni Shell Super Rp 12.990 per liter.

Sementara, untuk Shell Power Rp 14.500 per liter, Shell V Power Diesel Rp 13.750 dan Shell V Power Nitro+ Rp 14.990.

Baca Juga :  Dewan Pers Terima Aduan Eks Komandan Tim Mawar atas Majalah Tempo

Untuk diketahui, tanda-tanda kenaikan harga BBM RON 92 atau Pertamax sempat disinggung Menteri BUMN Erick Thohir. Erick awalnya bicara mengenai Pertalite atau BBM RON 90 yang statusnya berubah menjadi jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP). Dengan demikian, Pertalite akan mendapat subsidi.

Kemudian, Erick menyinggung Pertamax. Dia bilang, Pertamax tidak disubsidi dan minta maaf jika harga Pertamax naik.

“Pemerintah sudah memutuskan Pertalite dijadikan subsidi, Pertamax tidak. Jadi kalau Pertamax naik ya mohon maaf, tapi kalau Pertalite subsidi tetap,” katanya dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, disiarkan melalui saluran YouTube, Rabu (30/3) kemarin.

 

Bagikan :