Wabup ALi Rahman Buka Sosialisasi Pendidikan Profesi Ps. PPI Unila Bersama Pemkab Way Kanan

Bagikan :

WAY KANAN – Kliktodaynews.com|| Wakil Bupati Drs. Ali Rahman, M.T, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, Ir. Kussarwono, M.T, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menghadiri Acara Sosialisasi Pendidikan Profesi Ps. PPI UNILA Bersama Pemerintah Kabupaten Way Kanan di Ruang Rapat Utama Pemkab setempat, Kamis (09/12/2021) yang turut dihadiri oleh Sekretaris PII Wilayah Lampung, Ir. Taufik Kurahman, S.T.,M.T.,CSE, IPM., ASEAN Engs, Kepala Prodi, Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T.,M.T.,IPM.,ASEAN Eng, Dosen Dr. Eng. Ir. Ratna Widyawati, S.T.,M.T.,IPM dan Dosen Trisya Septiana, S.T.,M.T.

Menyampaikan sambutannya, Wabup Ali Rahman mengatakan bahwa sesuai dengan Amanat UU Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dimana setiap orang dalam mengembangkan dirinya memerlukan pendidikan dan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidup dan keejahteraan umum.

Untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umum tersebut, salah satunya dapat dicapai dengan tersedianya SDM yang handal dan profesional yang mampu melakukan rekayasa teknik guna meningkatkan nilai tambah, daya saing, daya guna, efisien dan efektivitas anggaran, perlindungan public, kemajuan ilmu dan teknologi serta pencapaian kebudayaan dan peradaban bangsa yang tinggi.

“Pemerintah mengeluarkan UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran yangn memuat aturan dan standar yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan keinsinyuran di Indonesia, tentu dengan tujuan meningkatkan daya saing Bangsa dan Negara dalam menggali dan memberikan nilai tambah, atas berbagai potensi yang dimiliki tanah air ini. untuk itu, Pemkab Way Kanan mendukung sepenuhnya atas dibukanya Program Study baru yakni Program Profesi Insinyur dan Fakultas Teknik Unila ini, sehingga kedepan dengan makin banyaknya lulusan insinyur kita dapat melakukan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan Pemerintahan terutama menyangkut disiplin teknik yang meliputi kebumian dan energi, rekayasa sipil dan lingkungan, industri, konservasi dan pengelolaan SDA, pertanian dan hasil pertanian, teknologi dan lain sebagainya”, ujar Wabup Ali Rahman yang juga mengatakan Pemerintah melalui lembaga-lembaga Pendidikan harus segera mengambil langkah yang bersifat dasar, komprehenshif, dan sistematis, sehingnga amanat Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai merata dirasakan oleh masyarakat.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Unila telah melakukan Penandatanganan Kesepakatan bersama Peningkatan Pembangunan dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Way Kanan tanggal 14 Maret 2021 melalui Tridarma Perguruan Tinggi, yang dilanjutkan pada tanggal 14 Juli 2021 dengan dilakukannya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Penyelengaraan Tridarma Perguruan Tinggi Unila di Kampung Universitas Lampung Way Kanan.

“Hal tersebut semakin meneguhkan kita semua bahwa Pemkab dan Unila terus membangun komitmen bersama guna percepatan peningkatan kualitas SDM yang ada di Way Kanan. Saya secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Unila yang telah berperan aktif untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mencetak SDM yang mumpuni. Dimana hal tersebut terlihat dari jumlah lulusan sarjana Unila yang diterima di sejumlah Instansi yang tersebar di Kabupaten Way Kanan. selain itu, keterlibatan langsung Unila dalam pengembangan SDM ASN yang ada di Way Kanan juga sangatlah besar terasa, seperti Uji Kompetensi ASN dalam lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, yang kesemuanya merupakan komitmen bersama Pemda dalam meningkatkan kapasitass dan kapabilitas ASN yang ada di Way Kanan ini”, lanjutnya yang juga berpesan kepada lulusan terbaik Fakultas Teknik Unila dari berbagai jurusan yang saat ini tercatat sebagai Abdi Negara di Kabupaten Way Kanan untuk terus berkarya dan terus menggali potensi diri dan kemampuannya, guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.  (waykanankab.go.id/SUIN)

Bagikan :