Bupati Adipati dan Bunda Dessy Adipati Hadiri Launching Aplikasi SRIKANDI dan Pekan Literasi Tahun 2024

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Bunda Literasi Way Kanan, Bunda Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Launching Aplikasi Srikandi dan Pekan Literasi Tahun 2024 di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Way Kanan, Senin (26/02/2024).
Bagikan :

WAY KANAN – Kliktodaynews.com|| Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Bunda Literasi Way Kanan, Bunda Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Launching Aplikasi Srikandi dan Pekan Literasi Tahun 2024 di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Way Kanan, Senin (26/02/2024).

Disampaikan oleh Bupati Adipati bahwa Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) dan Pekan Literasi Tahun 2024 ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan dalam upata menumbuhkan budi pekerti siswa dan masyarakat sehingga memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Aplikasi Srikandi merupakan kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo) yang dituangkan dalam Keputusan MenPANRB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis (AUBKD).

“Penerapan Aplikasi SRIKANDI dalam tata persuratan di Lingkup Pemkab Way Kanan dapat terimplementasi bila terdapat sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemda dengan dukungan seluruh stakeholder, dan Saya berharap kepada seluruh Kepala OPD di Kabupaten Way Kanan setelah Launshin Aplikasi ini wajib menerapkan Aplikasi Srikandi dalam pelaksanaan administrasi tata persuratan dalam penyelenggaraan Pemerintahan”, ujar Bupati Adipati.

Baca Juga :  PDI Perjuangan Lampung Hadiri Puncak Peringatan Bulan Bung Karno, Siap Menangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Selanjutnya, Pekan Literasi yang dilaksanakan tersebut juga agar dapat berdampak meningkatkan budaya literasi pada masyarakat Way Kanan. Pekan Literasi ini juga bisa bermanfaat untuk menggali minat baca sejak usia dini, mengaktifkan dan memanfaatkan perpustakaan. Mengenalkan budaya literasi kepada masyarakat dan siswa yang dimulai dengan menumbuhkan kreatifitas pada siswa melalui perlombaan sehingga anak-anak memiliki kemampuan verbal dan menulis, sehingga diharapkan memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas.

“Saya menyambut baik pelaksanaan Pekan Literasi dengan diadakannya berbagai kegiatan menarik ini, dan saya juga berharap untuk Pekan Literasi ini, peserta didik dan pengunjung senang mengunjungi Perpustakaan dan dapat menumbuh kembangkan kemampuan literasi peserta didik serta memperhatikan minat bakat masing-masing peserta kegiatan”, lanjut Bupati Adipati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Septa Muktamar dalam laporannya menyampaikan Aplikasi SRIKANDI yang diluncurkan oleh Pemerintah adalah Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola Pemerintahan berbasis elektronik dalam penerapan SPBE di Kabupaten Way Kanan. Penggunaan Aplikasi Srikandi adalah seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Way Kanan yang berfungsi sebagai fasilitator dalam rangka meningkatkan kualitas dan akuntabilitas kearsipan secara digital agar tujuan pengelolaan arsip sebagai memori kolektif bangsa melalui pengelolaan informasi dapat terekam dengan baik, selain itu Srikandi diharapkan dapat memudahkan koordinasi antar perangkat daerah, antar Pemerintah dan Stakeholder lainnya.

Baca Juga :  Bupati Way Kanan: Gerakan Pangan Murah Membantu RTM/RTM Ekstrem Mendapat Bahan Pangan Pokok

“Selain melakukan Launching Aplikasi dan Pekan Literasi, kita juga mengadakan kegiatan Bazaar Buku, Lomba Bercerita Tingkat SD se-Kabupaten Way Kanan, Lomba Pidato Berbahasa Lampung Tingkat SMP se-Kabupaten Way Kanan, Gerakan Membaca bersama 1000 siswa dan  Deklarasi Sekolah Literasi, Lomba Kolase bagi Siswa Jenjang PAUD, Kegiatan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial, serta Pembinaan Pengelola Perpustakaan Sekolah, juga diadakan Bazar Buku, Bazar Tebus Beras Murah dan penyediaan stand-stand makanan dan minuman oleh masyarakat sekitar bertempat di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan”, ujar Septa Muktamar.

Selain itu juga diharapkan Gedung Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan dapat bertransformasi dan bermanfaat sebagai pusat literasi, aktivitas dan rekreasi di Kabupaten Way Kanan, sehingga Gerakan Tertib Arsip dan Gerakan Literasi dapat ikut meningkatkan SDM Way Kanan Unggul dan Sejahtera.

Turut hadir secara virtual Kepala Pusat Data dan Informasi Arsip Nasional RI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Proviinsi Lampung. Serta hadir secara langsung Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, Asisten Bidang Administrasi Umum, Sekretaris DPRD, Inspektur Daerah Kabupaten, para Kepala OPD, Direktur RSUD ZAPA. ( suin/KTN)

Bagikan :