Bandara Gatot Subroto Way Kanan Akan Segera Beroperasi Secara Komersil

Bandara Gatot Subroto Way Kanan
Bagikan :

WAY KANAN – Kliktodaynews.com|| Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan akan segera terwujud, hal tersebut karena adanya komitmen yang kuat baik antar Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Pemerintah Kabupaten OKU Timur dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Pada Rapat Koordinasi Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan via zoom meeting pada Jum’at Tanggal 22 Maret 2024 lalu, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP menyampaikan bahwa Pemkab Way Kanan dan Pemkab sekitar telah mencapai kesepakatan untuk menjamin adanya penumpang setiap pelayanan penerbangan. Dimana Pemkab Way Kanan menyatakan kesiapan untuk mensosialisasikan dengan membuat Surat Edaran kepada Pegawai manakala akan ke Jakarta agar menggunakan fasilitas Bandara Gatot Subroto.

Pada rakor tersebut Pj. Gubernur Sumsel, Agus Fatoni juga memastikan bahwa Bandara Gatot Subroto Way Kanan akan segera kembali beroperasi secara komersial. Sehingga diminta untuk Pemkab sekitar lokasi agar menggencarkan promosi terkait reaktivasi Bandara tersebut, baik promosi untuk flyer, spanduk, media sosial dan lainnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Way Kanan Hadiri Gebyar Budaya Tradisional

Untuk Maskapai Penerbangan yang akan beroperasi di Bandara tersebut, Maskapai Citylink telah menyetujui beroperasi di Bandara Gatot Subroto Way Kanan jika dioperasikan secara komersil. Dimana akan ada satu pesawat yang beroperasi melayani rute penerbangan Jakarta-Way Kanan melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

Disampaikan pula oleh Agus Fatoni bahwa telah disepakati dalam seminggu ada dua kali penerbangan. Dari Bandara Halim Perdanakkusuma berangkat Pukul 10.00 WIB langsung kembali sekira Pukul 11.00 WIB. Sementara terkait hari keberangkatan dan tariff penerbangan hingga saat ini belum diputuskan. Namun, disarankan agar dilakukan penerbangan pada Hari Minggu dan Kamis.

Sementara terkait penumpang yang akan memenuhi kapasitas tersebut, Fatoni menghimbau agar lima Pemda sekitar yang hendak melakukan perjalanan dinas ke Jakarta menggunakan Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

Diketahui, sebelumnya pada tanggal 5 Januari 2024 lalu, Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M mencatatkan sejarah baru dengan menjadi inisiator pembentukan Forum Kerjasama antar Daerah yang diberi nama GERBANG RAJAWALI MUDA (Gerakan Membangun Martapura, Baturaja, Way Kanan, Liwa, Muara Dua), dimana kerjasama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya MoU oleh lima Bupati dihadapan Pj. Gubernur Sumsel dan Gubernur Lampung yang diwakilli oleh Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Lampung. (rel.KTN)

Bagikan :