Sebanyak 36 KK Warga Doloksaribu Janji Matogu Terima BLT Dana Desa Tahap Dua

Bagikan :

Toba-Kliktodaynews.com Pemerintah desa Dolok saribu, Kecamatan uluan, kabupaten Toba salurkan BLT-DD Tahap Dua. Kegiatan ini langsung di salurkan di kantor pemdes Dolok Saribu, Rabu (17/06/2020).

Adapun kegiatan penyaluran BLT-DD tahap Dua langsung dihadiri Asisten 2 Ekonomi Pembangunan, Sahat Manulang SP di dampingi oleh Camat Uluan Henri Butar-Butar, Kadis Dukcapil Kabupaten Toba Bonar MT Butar-Butar dan Kabag Pembangunan Sesmon Butar-Butar bersama Kepala Desa Hasiholan Doloksaribu, Rabu (17/06/2020) sekira pukul 11.00 Wib, menghadiri penyaluran Bantuan Tunai Langsung(BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kantor Kepala Desa DolokSaribu Janji Matogu Kecamatan Uluan Kabupaten Toba

Kepala Desa Dolok Saribu Janji Matogu Kecamatan Uluan Hasiholan Doloksaribu mengatakan, penyaluran BLT DD tahap dua ini menyasar seluruh warga yang terdampak Covid-19, kecuali bagi PNS, perangkat desa, penerima program keluarga harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos, dan petugas PLN.

Semua masyarakat dapat BLT Dana Desa, terkeculai PNS, perangkat desa petugas PLN, penerima keluarga harapan atau PKH. Sebelumnya kami sudah menyalurkan BLT tahap satu, dan hari ini kami kembali melakukan pembagian tahap dua,” ungkap Kades DolokSaribu Janji Matogu Kecamatan Uluan Hasiholan Doloksaribu.

Baca Juga :  Potret Puncak Arus Balik Lintas Toba Hari Ini


Dalam sambutannya, Camat Uluan Henri Butar-Butar berharap bantuan BLT dana Desa yang di terima oleh masyarakat khususnya Masyarakat Desa Doloksaribu Janji Matogu Kecamatan Uluan, tersalur pada masyarakat memang betul-betul membutuhkan dan tepat sasaran.

“Bantuan yang tersalur ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, bagi masyarakat yang tidak masuk di DTKS baik pusat hingga kabupaten, di data diberikan BLT melalui Dana Desa”,ungkap Camat Uluan di sela sambutanya.

Dalam kesempatan ini, Asisten 2 Ekonomi Pembangunan Sahat Manulang SP, meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak menimbulkan kegaduhan atau polemik di masyarakat dalam menyikapi bantuan BLT yang tersalur melalui dana Desa.

“Ini merupakan komitmen Pemerintah Pusat untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dana Desa di peruntukkan bagi warga yang tidak tersentuh bantuan yang tidak masuk pada Data DTKS, serta memang betul-betul membutuhkan akibat wabah pandemi Covid-19,” Ucapnya lebih lanjut.

Dari hasil Musdes, sebanyak 36 KK Calon Penerima BLT dari Dana Desa tahap II yang disalurkan langsung kepada warga masyarakat pada hari ini. Setiap KK menerima bantuan sebesar Rp. 600.000,- setiap bulannya dalam jangka waktu 3 bulan
Baca Juga :  Jadwal Kedatangan Raja dan Ratu Belanda ke Toba Berubah, Ini Alasannya


Untuk saat ini total pembagian BLTDD di Desa DolokSaribu Janji Matogu Kecamatan Uluan Kabupaten Toba sebesar 600.000 x 36 KK = Rp.21.600.000

Pada kesempatan tersebut, mewakili Pemerintah Kabupaten Asisten II Ekonomi Pembangunan Sahat Manulang SP beserta Camat Uluan, Kadis Dukcapil Bonar MT Butar-Butar dan Kepala Desa DolokSaribu ikut serta menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis terhadap salah satu perwakilan warga Desa Dolok Saribu Janji Matogu Kecamatan Uluan penerima BLT-DD.

Sementara itu, salah satu warga setempat Bapak Manurung dan beberapa masyarakat sangat berterimasih kasih kepada pemerintah pusat, daerah dan dan kepala desa atas bantuan selama ada virus Corona (Covid-19) ini.

“Pembagian BLT ini sangat membantu kami di saat situasi pandemi virus Corona yang menimpa. Semoga ini cepat berlalu agar kami bisa kembali berkativitas seperti biasa, anak-anak juga kembali sekolah,” ungkap bapak Manurung

Pembagian BLT-DD berlangsung lancar, dengan tetap memperhatikan serta berpedoman pada protokol kesehatan untuk tidak menimbulkan tingkat kerumunan warga penerima BLT-DD.( DNM/KTN )

Bagikan :