Polres Toba Gelar Ops Keselamatan Toba 2020 selama 14 Hari

Bagikan :

Toba-Kliktodaynews.com Polres Toba menurunkan kekuatan sebanyak 51 personel di jajaran Polres Toba yang terlibat Operasi Keselamatan Toba 2020. Di mana tujuan operasi ini untuk menekan menyebarnya dan memutus Covid-19

Hal tersebut disampaikan Kapolres Toba AKBP Agus Waluyo S.I.K melalui Kabag Ops Efendi Sinaga saat Apel Kesiapan Gelar Pasukan Ops Keselamatan Toba 2020 Polres Toba, Senin (06/04/2020).

Menurutnya, personil tersebut terbagi dalam Sat Gas I (Preemtif), Sat Gas II (preventif) dan Sat Gas III (Bagops).

Tahap Pelaksanaan Pengerahan Satuan Tugas Operasi Keselamatan Toba oleh Polres Toba yakni :

I. Satgas 1 (Preemtif) Dipimpin langsung oleh Kasat Intelkam Polres Tobasa dengan tugas Preemtif yang terdiri dari Subsatgas :

(1) Subsatgas Intel dipimpin oleh Ba Sat Intelkam dengan tugas sebagai berikut : (a) melaksanakan kegiatan Intelijen berupa lidik, pengamanan dan penggalangan dengan langkah – langkah deteksi, identifikasi, penilaian dan penajaman Target Operasi.

(b) membuat Kirpat atau Kirsus berupa informasi dan bahan keterangan atau informasi mengenai upaya-upaya yang dapat mengganggu atau menghambat pelaksanaan Operasi.

(2) Subsatgas Binluh dipimpin oleh Kasat Binmas dengan tugas :

(a) pembinaan lalu lintas kepada seluruh elemen masyarakat serta para pengguna jalan (mahasiswa, pelajar serta komunitas otomotif dan lain sebagainya).

Baca Juga :  Pasar Tradisional Pusat Kerumunan Manusia, Kapolres Toba AKBP Agus Waluyo Melaksanakan Sosial Distacing Di Pasar Porsea


(b) melakukan penyuluhan keoada seluruh masyarakat terhadap bahaya Virus Corona (Covid – 19) berupa sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, Banner, Baliho, Penyebaran Leaflet dan Stiker serta melalui massa cetak dan elektronik mau pun media sosial (Twitter, Facebook, WA, dan lainnya).“ Renops Keselamatan Toba – 2020 “

II. Satgas 2 (Preventif) Dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Toba, dengan tugas Preventif yang terdiri dari Subsatgas :

(1) Subsatgas Pengaturan dan Penjagaan dipimpin oleh KBO Sat Lantas Polres Tobasa dengan tugas sebagai berikut :

(a) Melaksanakan kegiatan pengaturan dan penjagaan lalu lintas pada persimpangan jalan yang rutin dilaksanakan maupun di tempat lain yang memerlukan kehadiran petugas Polri.

(b) Melaksanakan pengawasan terhadap para pengguna jalan untuk mencegah dan memperkecil peluang terjadinya pelanggaran yang dapat menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

(2) Subsatgas Patroli dipimpin oleh Kast Sabhara Polres Tobasa dengan tugas :

(a) Melaksanakan patroli rutin maupun patroli jarak jauh dengan sasaran gangguan Kamseltibcar lalu lintas pada lokasi rawan Virus Corona (Covid – 19 )

(b) Menindaklanjuti pengaduan maupun laporan informasi dari masyarakat yang berkaitan dengan adanya pasien terkena Virus Corona ( Covid – 19 ).
Baca Juga :  PT. BNE Berikan Bantuan Alat Rapid Test Ke Polres Toba


c) Satgas III (Banops) dipimpin oleh Kabag Sumda Polres Tobasa dengan tugas Bantuan Operasi, sebagai berikut :

(1) Menyampaikan informasi kegiatan Operasi secara ”on air” dan informasi situasi lalu lintas dan bahaya Virus Corona ( Covid – 19 ).

(2) Melaksanakan kegiatan dokumentasi, peliputan dan Press Release atau Publikasi serta kegiatan Kehumasan lainnya (Public Relation)“ Renops Keselamatan Toba – 2020 “

III. Satgas III (Bagops) Dipimpin langsung oleh Kabag Sumda Polres Tobasa dengan Tugas Bantuan Operasi, sebagai berikut :

(1) menyampaikan informasi kegiatan Operasi secara ”On Air” dan informasi situasi lalu lintas dan bahaya Virus Corona ( Covid – 19 ).

(2) melaksanakan kegiatan dokumentasi, peliputan dan Press Release atau Publikasi serta kegiatan Kehumasan lainnya (Public Relation)

Operasi ini mengedepankan langkah Preemtif, Preventif serta tindakan Gakkum, untuk terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang tetap kondusif, saat penanganan Covid 19 di Wilayah Hukum Polres Toba,” tegasnya.

Dikatakannya, Operasi Keselamatan Toba 2020 berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 6 sampi dengan 19 April 2020.

“Dalam melaksanakan giat Operasi di lapangan agar mempedomani petunjuk yang ada, dan sesuai dengan SOP,” pungkas Kapolres ( JOS/KTN )

Bagikan :