KAPOLRES TOBA GELAR APEL SOSIALISASI INPRES NO. 3 TAHUN 2020 KEPADA PERSONIL DAN JAJARAN

Bagikan :

Toba-Kliktodaynews.com Untuk menghindari terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Toba,Polres Toba menggelorakan pencegahan kepada masyarakat agar tidak sampai terjadi seperti di daerah lain dengan menggencarkan sosialisasi dan menggelar simulasi penanganan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Toba menggelar Sosialisasi bersama jajaran di Mapolres Toba pada hari Jumat (13/03/2020) sekitar pukul 08.00 WIB

Kapolri melalui jajaran Polda dan Polres mengintruksikan agar melakukan pencegahan, penanganan kebakaran hutan serta lahan di wilayah hukumnya antara lain : A. membantu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan mengerahkan kekuatan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

B. Bersama Panglima Tentara Nasional Indonesia dan instansi lain secara terpadu dengan pemerintah daerah menggiatkan patroli kawasan hutan dan lahan.

C. Melakukan pembinaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan

D. Mengefektifkan upaya penegakan hukum pidana terhadap perbuatan melanggar hukum yang terkait kebakaran hutan dan lahan

E. Menjatuhkan sanksi maksimum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan atas pelanggaran, pembiaran, dan/atau persekongkolan yang melibatkan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga :  Kabag Ops Polres Toba Menerima Vaksin Covid-19 Perdana di Toba


Antisipasi kebakaran hutan, Kapolres Toba AKBP Agus Waluyo,S.Ik. mensosialisasikan Karhutla dan bentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) sebagai implementasi Intruksi Presiden tahun 2015 terkait pencegahan dan penanggulangan Karhutla, dimana saat ini marak kembali terjadi di wilayah lain.

INPRES (Instruksi Presiden ) No 3 tahun 2020 tentang Penanggulangan Karhutlah telah disosialisasikan kepada Personil PolresToba dengan menurunkan STR Kapolres No 07 tgl 13-3-2020 dengan dipadukan Aplikasi Lancang Kuning,ucap Agus Waluyo setelah di konfirmasi oleh kliktodaynews di kantornya

Mengamati inturuksi tersebut, jajaran Polres Toba bergerak cepat dengan memberi sosialisasi ke bawah dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Toba AKBP. Agus Waluyo SIK menyampaikan kepada para jajarannya agar dengan adanya aplikasi Lancang Kuning ini penanganan Karhutla ini semakin mudah di deteksi melalui Hotspot yang ada di dalam aplikasi tersebut sehingga semua kejadian di wilayah hukum (Wilkum) Polres Toba dapat melaporkan nya langsung melalui aplikasi tersebut dan semua dapat memantau semua kejadian Karhutla di wilayah RI
Baca Juga :  Doa Warga Muslim untuk Bupati Darwin Siagian: Dipadao ma Nasa Mara dohot Abat-Abat


Harapan Agus agar semua Personil harus menggunakan Aplikasi Lancang Kuning tersebut,untuk memudahkan penanggulangan Karhutla dan pelaporan nya.( EDS/KTN )

Bagikan :