Cegah Covid-19, Masuk Pasar Porsea Harus Cek Suhu Tubuh

Bagikan :
CEGAH COVID-19,MASUK PASAR PORSEA HARUS CEK SUHU TUBUH

Toba-Kliktodaynews.com Pemerintah Kabupaten Toba mengantisipasi merebaknya Virus Corona dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh atau thermal gun di Pintu Masuk Pasar Porsea di Kabupaten Toba

Untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19 di Kabupaten Toba, Bupati Toba Darwin Siagian kembali melakukan monitoring langsung ke pasar Porsea untuk meninjau pengukuran suhu tubuh/badan masyarakat yang malakukan aktivitas di pasar Rabu (08/04/2020).

Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan dari PT. Jasa Tirta yang diwakili oleh bapak Wartian berupa 2 unit tandon air cuci tangan dan 4 buah Thermogun.

PT. TPL juga ikut memberikan sumbangsih dengan memberikan tambahan 5 buah Thermogun yang sebumnya sudah diserahkan sebanyak 35 buah. Bantuan langsung diserahkan oleh Onggung Tambunan.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Porsea yang langsung di terima oleh Bupati Toba Darwin Siagian didampingi oleh Asisten III ( Administrasi Umum) dan Camat Porsea Robert Manurung.

Selanjutnya tim bergerak menuju pasar porsea yang letaknya di terminal porsea. Masyarakat yang akan melakuakn aktivitas dipsar terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya oleh tim medis yang bertugas untuk memastikan bahwa suhu badan sudah normal. Setelah di cek masyarakat malakukan cuci tangan di tandon air cuci tangan yang sudah disediakan.

Baca Juga :  Peduli Lingkungan, Pemkab Toba Ajak Masyarakat Menabung Sampah Plastik ke Bank Sampah


Bupati Toba kembali mengimbau seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah, melaksanakan pola hidup yang sehat, menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan bersih,tetap berolahraga dan menggunakan masker apabila melakukan aktivitas di tempat-tempat keramaian.

Bupati Toba Ir. Darwin Siagian didampingi Kabag Ops Polres Toba Kompol Drs. Effendi Sinaga, Kadis Kesehatan dr. Juliwan Hutapea, Camat Porsea dan Tim Gugus Tugas yang terdiri dari Dinkes, BPBD, Dishub, TNI, Polri dan OPD lainnya melakukan monitoring di seluruh pintu masuk Pasar Porsea, Rabu (08/04/2020) sekitar pukul 08.00 Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran Virus Corona (COVID-19) ke wilayah Kabupaten Toba. 

Monitoring diawali dari akses Pintu Masuk menuju ke dalam Pasar Porsea Kabupaten Toba. Petugas melakukan mengkur suhu tubuh setiap orang yang hendak masuk ke dalam pasar tanpa terkecuali dengan Thermoscan.

Bupati Toba Darwin Siagian melakukan pengukuran suhu tubuh (badan) kepada pedagang dan masyarakat yang melakukan aktivitas di Pasar Porsea.

Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa suhu tubuh masyarakat yang melakukan aktivitas dipasar adalah normal. Ini merupakan salah satu tindakan preventif yang diambil oleh pemerintah kabupaten Toba guna menekan penyebaran Corona Virus Disease (covid-19).
Baca Juga :  Bansos KKS Tidak Boleh Dicairkan di ATM


Darwin meminta agar masyarakat tetap melaksanakan pola hidup yang sehat, menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan bersih,tetap berolahraga dan menggunakan masker apabila melakukan aktivitas di tempat-tempat keramaian.

Darwin juga mengimbau agar meminimalisir aktivitas yang bersentuhan dengan orang banyak. Tetap melakukan kegiatan sesuai dengan protokoler yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Darwin turun bersama dengan gugus tugas penanganan Covid-19, pihak Kepolisian, Danramil porsea dan petugas kesehatan yang langsung mengukur suhu badan orang perorang yang ada dilokasi pasar.

“Anjuran ini untuk kepentingan diri sendiri dan kewaspadaan. Kita selaku hamba Allah selalu dianjurkan berusaha dan berdoa,” ujarnya.

Bupati Toba menyatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan dan bagi petugas yang menemukan suhu tubuh di 38 derajat (celcius) diminta untuk mengecek kesehatan ke puskesmas atau rumah sakit. Pemerintah Kabupaten Toba, katanya, terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah penularan covid-19 ini

Pemerintah juga sedang melukakan upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 , jadi dimohonkann kerjasama dari seluruh pihak dan masyarakat untuk sama sama menjaga dan menerapkan aturan yang sudah diberlakukan ” kata Darwin mengahiri.( DNM/KTN )

Bagikan :