Peduli Danau Toba “Gerakan Toba Bersih” Melakukan Kegiatan ECOBRICK

Komunitas Gerakan Toba Bersih : PATRICK LUMBANRAJA, RONI MANURUNG, MICY Br.SIANIPAR, RACHEL Br. SIANIPAR, SYAM SIAGIAN
Komunitas Gerakan Toba Bersih : PATRICK LUMBANRAJA, RONI MANURUNG, MICY Br.SIANIPAR, RACHEL Br. SIANIPAR, SYAM SIAGIAN
Bagikan :

Toba Samosir-Kliktodaynews.com “Eco” dan “brick” artinya bata ramah lingkungan. Disebut “bata” karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan. Maka dari itu ecobrick biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture.

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eko-batu bata ini adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Juga dikenal sebagai Bottle Brick atau Ecoladrillo. Solusi limbah lokal ini mulai disebut Ecobrick oleh gerakan masyarakat yang berkembang di seluruh dunia.

Gerakan Toba Bersih melaksanakan kegiatan ECOBRICK hari Minggu, (27/9/2019) bertempat di Kampus YTP ARJUNA LAGUBOTI, Jalan YTP ARJUNA Pintu Bosi Laguboti dimulai dari pukul 15.00 WIB-17.00 WIB.

“Gerakan Toba Bersih” yang peduli akan Masalah Sampah di sekitar Danau Toba mengajak para anak-anak muda untuk dapat menjaga kebersihan di setiap lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan.
Baca Juga :  KPUD TOBA SAMOSIR MELAKUKAN SIMULASI RIEL PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA


Banyak dari kita yang masih mengkonsumsi makanan atau produk apapun yang dikemas plastik. Kadang kita berusaha kreatif dan mengurangi sampah dengan membuat sabun sendiri di rumah contohnya, tapi bahan-bahan yang digunakannya pun masih menggunakan plastik. Juga tidak mudah untuk begitu saja meninggalkan 100% plastik karena faktanya produk di dalam supermarket hampir 90% sudah dikemas dalam sebuah bungkusan yang sebagian besarnya adalah kemasan plastik.

Manfaat dari Ecobrick : 1. Lebih ekonomis dan mudah di buat,karna hanya berbahan limbah kotir dan plastik bekas.

2. Ecobrick dapat mencegah plastik berakhir di pembuangan landfill

3. Ecobrick bisa menjadi material bangunan yang kuat ,awet,dan tahan air.

Kegiatan ecobrick juga di hadiri Mahasiswa Kampus Fakultas Pharmasi Arjuna dan Relawan dari luar kota Pekanbaru. Masyarakat setempat menyambut kegiatan peduli danau toba.

Reporter : Daniel M.

Bagikan :