BUPATI TOBASA TINJAU LANGSUNG KONDISI AREAL IRIGASI SILAKKUPAK BALIGE I

Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian meninjau langsung kondisi areal irigasi Silakkupak di Gang Siantar Kelurahan Balige 1,Kecamatan Balige,Toba, Kamis (23/1/2020).
Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian meninjau langsung kondisi areal irigasi Silakkupak di Gang Siantar Kelurahan Balige 1,Kecamatan Balige,Toba, Kamis (23/1/2020).
Bagikan :

Tobasa-Kliktodaynews.com

Tobasa-Kliktodaynews.com Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian meninjau langsung kondisi areal irigasi Silakkupak di Gang Siantar Kelurahan Balige 1,Kecamatan Balige,Toba, Kamis (23/1/2020).

Kunjungan kerja Bupati Darwin untuk menanggapi keluhan masyarakat setempat.

Setibanya di lokasi Bupati Darwin langsung disambut masyarakat setempat. Darwin langsung meninjau pembangunan saluran irigasi Silakkupak. Saluran Irigasi yang kurang lancar dan tersumbat mengakibatkan pekarangan dan halaman rumah warga setempat menjadi banjir.

Warga langsung menyampaikan keluhannya kepada Bupati Darwin dan rombongan.

“Terimakasih kami ucapkan atas kunjungan bapak Bupati yang sudah mau mendengarkan keluhan masyarakat bapak, sudah 36 jam pekarangan dan halaman rumah kami tergenang oleh air” kata Carles Napitupulu salah seorang warga Gang Siantar.

Warga meminta agar bak kontrol terbuka agar masyarakat dapat membersihkannya setiap waktu.

Endapan sedimen Lumpur dan juga sampah yang ada di saluran irigasi menjadi faktor utama penyebab terjadinya banjir. Bak kontrol juga tidak bekerja secara maksimal.

Untuk mencegah banjir maka warga masyarakat yang bermukim di daerah areal irigasi Silakkupak mengurangi debit air yang mengalir di saluran irigasi Silakkupak. pengurangan debit air ini mengakibatkan kawasan pertanian Pea horbo menjadi kering karena berkurangnya debit air yang mengalir.

Baca Juga :  PAUD TOBASA Menerima Penghargaan Pin Perak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI


Bupati Darwin Siagian mengajak seluruh warga yang ada di sekitar areal irigasi untuk bergotong royong pada Jumat 24 Januari 2020 pagi hari untuk membersihkan sedimen lumpur dan sampah-sampah yang menyebabkan saluran air tersumbat.

“Kita harus bersama-sama menjaga dan merawat saluran irigasi ini,karna kita juga yang menikmati hasilnya kalau irigasi ini berjalan dengan baik,” kata Bupati Darwin mengajak masyarakat ( HS/KTN )

Bagikan :