Guna Melestarikan Alam, DPW Walantara Sumut Berikan 5000 Bibit Pohon Holtikultuta Ke Desa Kutambaru

Bagikan :

Tanahkaro-Kliktodaynews.com Rombongan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Sumut tiba di Objek Wisata Puncak Pelangkah Gading (PPG) Desa Kutambaru Kec. Munte Kab. Karo Prov. Sumatera Utara. Kedatangan rombongan tersebut disambut DPD Walantara Kab. Karo dan Kepala Desa Kutambaru Benyamin Sembiring beserta para undangan , Jumat (24/01/2020) sekira pukul 09.00 WIB.

Misi kedatangan mereka menurut Ketua DPW Walantara Sumut Thomson A Hutahaean. SH, kepada awak media adalah mengadakan penanaman 5000 bibit pohon holtikultura dan pelantikan kepengurusan DPD Walantara Kab. Karo.

Dalam kesempatan tersebut Thomson mengatakan bahwa atas pelantikan ini diharapkan DPD Walantara Karo dapat memberikan kotribusi yang terbaik dalam mengontrol alam dan hutan dalam wilayah Tanah Karo.

Thomson juga menjelaskan bahwa penanaman ini sendiri sudah mereka rencanakan bersama DPD Walantara Kab. Karo sebelumnya. Setelah mereka melihat dengan nyata kegigihan Kepala Desa Benyamin Sembiring bersama perangkat desa dalam memajukan desa. Dengan menjadikan lahan hutan menjadi tempat berlibur tanpa merusak hutan.

” Saya kira ini bukan sekedar pencitraan. Kegiatan ini murni karena kami ingin anak cucu kita ditahun mendatang dapat menikmati keasrian hutan. Kita melibatkan anak sekolah dan anak muda karena mereka pasti masih kuat dalam mengingat tindakan positif yang kita tularkan. Saya berharap mereka juga begitu, merawat lingkungan dan menjaganya di kemudian hari,” ujar Thomson disela-sela acara pada kru.

Baca Juga :  Abdi Depari Ketua Terpilih Forki Kabupaten Karo 2019 - 2023 Di Hotel Internasional Sibayak Berastagi


Thomson pun mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti dalam 24 jam apabila masyarakat menemukan perusakan dan pencemaran alam di sekitar mereka. ” Karena seandainya tumbuhan disekitar kita rusak maka kehidupan manusia juga pasti terancam,” ujarnya.

Senada dengan apa yang diucapkan Ketua DPW Walantara Sumut, Benyamin juga menyampaikan bahwa Puncak Pelangkah Gading ini adalah tempat yang sangat cocok untuk beristirahat. ” Saya juga memberikan kesempatan bagi anak-anak muda yang ingin berkemping di sini. Bagi pelajar, mahasiswa dan siapapun yang ingin menginap saya tidak memungut bayaran. Tapi dengan syarat memelihara kelestarian alamnya. Dan juga kalau bisa membawa satu bibit pohon untuk ditanam di sini,” ujarnya ketika memberikan kata sambutan yang kemudian memberikan dan mengenakan cendera mata kepada Ketua DPW Walantara Sumut berupa bekah buluh (kain tradisional Karo).

“Saya dan seluruh warga mengucapkan terima kasih kepada DPW Walantara Sumut atas bantuan 5000 bibit pohon ini. Semoga PPG bisa menjadi lebih indah dan asri.” Ucapnya.
Baca Juga :  35 Anggota DPRD Karo Dilantik


Sementara itu, Ketua DPD Walantara Karo, Daris Kaban, yang baru saja dilantik berharap kedepannya dapat DPD Walantara Karo bisa menjadi tempat pengaduan masyarakat jika ada perusakan lingkungan. “Kami siap membantu masyarakat dan menjadi perpanjangan tangan dari DPW Walantara Sumut,” imbuhnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut tampak hadir Abel Tarawai Tarigan Kadis PMD Kab.Karo, Radius Tarigan Kadis Lingkungan Hidup Kab.Karo, Sanusi Sembiring Camat Munte, Kapolsek Munte, Koramil 06/MT Ormas Kepemudaan DPC PMS Kec.Kabanjahe, Tokoh masyarakat dan ratusan pelajar dari mulai SD, SMP dan tingkat. Tak ketinggalan juga anak-anak pramuka dari berbagai sekolah lanjut tingkat atas di Kabanjahe yang berjumlah 100 orang beserta pembina.

Acara diakhiri dengan makan siang bersama antara seluruh panitia dan undangan yang hadir. Tampak dari pantauan wartawan suasana objek wisata Puncak Pelangkah Gading yang berada di atas sebuah bukit desa Kutambaru siang itu sangat indah dan asri. Sehingga para pengunjung terutama para pelajar menikmati suasana tersebut. Apalagi pihak pemerintahan desa sudah memdirikan beberapa pondokan di tengah-tengah rimbunnya hutan.

Reporter : Dewi

Bagikan :