BUPATI TOBASA MENINJAU LANGSUNG PILKADES SERENTAK DI TOBA SAMOSIR

Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Toba , Kamis (5/12/2019)
Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Toba , Kamis (5/12/2019)
Bagikan :

Tobasa-Kliktodaynews.com Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Toba , Kamis (5/12/2019).

Bupati Darwin Siagian disela-sela monitor kerja Pilkades ini mengatakan, Pilkades serentak di Kabupaten Toba hari ini, berlangsung di 105 desa, 3 desa diantaranya di Kecamatan Tampahan, 22 desa di Balige.

“Saya berharap Pilkades serentak ini berjalan tertib, aman dan kondusif. Kepala desa yang terpilih benar-benar orang yang terbaik. Itu harapan saya dan kepala desa yang terpilih dapat diterima dan didukung semua warga masyarakat desa dalam membangun desanya dengan program-program yang inovatif dan kreatif,” kata Bupati Darwin.

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi Kepala Kesatuan Polisi Pamong Praja Tito Siahaan, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak, Kadis Sosial Rajaipan Sinurat, Kadis PMD-PPA Henry Silalahi, Camat Balige Pantun Pardede ,dan Danramil Balige.

Pilkades yang pertama dimonitoring Bupati adalah Desa Gurgur Aekraja Tampahan. Setiba di lokasi Bupati langsung menyalami warga masyarakat yang sudah ramai mendatangi TPS.

Camat Tampahan Freddy Panjaitan didampingi Sekretaris Camat Nesron Panjaitan mengatakan, pilkades Desa Gurgur Aekraja diikuti 2 calon yakni Anggiat Siahaan dan Zainal Simatupang.

“Jumlah pemilih yang berhak memberi suara 1.085 orang dengan surat suara sebanyak 1.192,” ujarnya.

Selesai dari Gurgur Aekraja, Bupati Darwin bersama rombongan melanjutkan monitoring ke Desa Tarabunga. Dilokasi, Bupati juga menyalami warga dan berfoto dengan 2 calon kades yakni, Ferdinandus Sianipar dan Robert Siahaan.

“Warga yang berhak memberikan suara 374 orang. Jumlah surat suara sebanyak 411 lembar,” kata Camat Freddy menerangkan.

Selanjutnya Bupati Darwin menuju Desa Hinalang Bagasan. Di desa ini, Pilkades diikuti 4 calon yakni Pesta Mangapul Siahaan, Andi J.Siahaan, Haholongan R Siahaan dan Tonny S Siahaan. Kemudian di Desa Silalahi Pagar Batu, diikuti 2 calon, Patar S Nadapdap dan Edward Sutejo Silalahi. Di Desa Paindoan diikuti 2 calon, yakni Budiman Siahaan dan Nikson Siahaan.

Di Desa Parsuratan diikuti 4 calon antara lain Robinson Simanjuntak, Turman Simanjuntak, Sumartin Simanjuntak dan Galileo Simnjuntak. Di Baruara diikuti 5 calon, yakni Demak Tambunan, Viktor Tambunan, Wandy F Tambunan, Junjungan Tambunan dan Marlon Tambunan. Terakhir monitoring dilaksanakan oleh Bupati Darwin di Desa Lumban Gaol. Di desa ini pilkadesnya diikuti 2 calon, yakni Mawar M Tambunan dan Edward Tambunan.

Kadis PMD&PPA Toba, Henri Silalahi mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan pemantauan anggota tim dilapangan bahwa pelaksanaan Pilkades secara serentak di Toba berjalan baik.

“Itu semua hasil kerja dari seluruh pihak baik P2KD, BPD, perangkat desa, dan seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades saat ini,”kata Henri.

Kadis Henry menambahkan bahwa sesuai dengan Intruksi Bupati Toba , seluruh pimpinan OPD yang tergabung dalam tim dari kabupaten dan tim dari kecamatan dikerahkan dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades tahun ini.

Sementara Kadis Kominfo Toba,Lalo Simanjuntak mengucapakan terimakasih kepada warga Toba Samosir atas terselenggaranya Pilkades yang aman, lancar, dan kondusif.

“Terimakasih kepada semua pihak terutama pada masyarakat atas terselengaranya pilkades yang berlangsung dengan baik, dan selamat kepada Kades yang terpilih ” kata Lalo mengakhirinya ( JOS/KTN )

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*