BPS GELAR RAKORDA SENSUS PENDUDUK TAHUN 2020 DI BALIGE

Rakorda berlangsung selama dua hari hingga Rabu (19/2/2020).
Rakorda berlangsung selama dua hari hingga Rabu (19/2/2020).
Bagikan :

Tobasa-Kliktodaynews.com Rakorda ini dijadwalkan Badan Pusat Statistik (BPS) Toba Samosir sebagai panitia acara, akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu (19/2/2020).Target peserta adalah sebanyak 500 orang,dari berbagai OPD Pemkab Toba,instansi vertikal, BUMN,BUMD ,dan masyarakat umum utusan tiap kecamatan se-Toba.

Tampil sebagai narasumber Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcatpil)Toba Bonar MT Butarbutar, Kadis Kominfo Toba Lalo H.Simanjuntak,dan Kepala BPS Toba Samosir Whenlis Purba.

Bupati Toba menyampaikan bahwa peran serta hadirin merupakan kunci kesuksesan Sensus Penduduk 2020 yang akan menjadi dasar perumusan kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk perencanaan pembangunan dalam menentukan kebijakan dengan mengetahui data jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur.

Oleh karena itu program ini sangat membutuhkan keterlibatan terutama aparat pemerintah di wilayah kecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Untuk itu saya instruksikan pihak kecamatan agar mengimbau lurah dan kepala desa masing-masing untuk menyebarkan informasi mengenai Sensus Penduduk Online 2020 di berbagai kesempatan ” kata bupati.

Baca Juga :  Kapolres dan Bupati Tobasa Diminta Tertibkan Pungli Modus Parkir di Pelabuhan Ihan Batak


Kadis Dukcapil, Bonar Butarbutar, berharap agar ada kesamaan data kependudukan versi Dukcapil dan BPS Tobasa. Disebutkan, hingga kini selisih data keduanya cukup signifikan berkisar 30.000-an.

“Kita mensikronkan data, sehingga dicapai akurasi data dari Dukcapil dan BPS. Harapannya, selisih data tersebut dapat diminimalisir lewat sensus penduduk terbaru ini,” harap Bonar.

Kadis Kominfo, Lalo Simanjuntak menekankan arti pentingnya informasi data dari berbagai lini guna perencanaan pembangunan. Pada sesi terakhir, masing masing peserta langsung mengisi formulir data kependudukan online dipandu oleh staf BPS Tobasa.

Kepala BPS, Whenlis Purba dalam arahannya menyampaikan agar setiap peserta melakukan pengisian online dengan hati-hati dan mencermati petunjuk pengisian yang tertera di website dan brosur yang telah disebarluaskan.

“Jika masih ada keragu-raguan, tolong disimpan dulu sebagai draf sebelum diinput secara online. Sebab data yang telah diinput, tidak bisa langsung dirubah karena akan membutuhkan waktu verifikasi saat petugas melakukan wawancara langsung,” ucap Whenlis Purba.

Acara Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Toba di adakan di Aula Restoran Sinar Minang Balige,Selasa (18/02/2020) sekitar pukul 08.00 WIB ( EDS/KTN )
Baca Juga :  Warga Resah, Limbah Medis Berserakan di TPA Laguboti

Bagikan :