Operasi Patuh Toba 2020, Polres Tapanuli Utara Lakukan 3 Tindakan

Bagikan :

Tapanuli Utara – Kliktodaynews.com KAPOLRES Tapanuli Utara (Taput), AKBP Jonner MH Samosir SIK pimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Patuh Toba 2020”, yang di gelar mulai 23 Juli hingga 05 Agustus 2020, di Lapangan Apel Mapolres Tapanuli Utara, Kamis (23/07/2020) pagi.

Operasi Patuh yang di gelar serentak di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa penting mematuhi aturan lalu lintas khususnya bagi pengendara atau pengguna jalan raya demi keselamatan diri dan orang banyak.

Kapolres Taput melalui kasubbag Humas AIPTU Walpon Baringbing SH MH kepada sejumlah wartawan menjelaskan, Operasi Patuh ini berlaku selama 14 hari kedepan terhitung mulai tanggal 23 Juli hingga 05 Austus 2020.

Untuk Operasi Patuh Toba 2020 ini, ada penambahan tugas bagi anggota di lapangan. Selain target meningkatkan kesadaran pada aturan Lalu Lintas kita juga dilibatkan menghimbau masyarakat pengguna jalan raya agar mengikuti protokol kesehatan untuk memakai masker di masa Pandemi Covid-19.

Untuk tindakan yang kita terapkan di lapangan saat melaksanakan operasi ada tiga (3) klasifikasi yaitu, tindakan dengan edukasi Preemptif 40 persen, Preventif (pencegahan) 40 persen dan Penegakan Hukum (gakkum) 20 persen.

Baca Juga :  Satu Unit Rumah Hangus Terbakar Dilalap Si Jago Merah di Tapanuli Utara


Petugas sudah dibekali agar saat melaksanakan kegiatan tetap bersifat Humanis dan meminimalisir tilang. Tindakan langsung (tilang) ditargetkan kepada pengguna kenderaan yang berpotensi meyebabkan kecelakaan seperti pengendara yang ugal-ugalan, balap-balapan, melawan arus lalulintas saat mengemudi, menaikkan penumpang di atas kap dan mobil pickup, menerobos lampu merah dan knalpot racing yang membuat warga resah atau tidak nyaman.

Sedangkan bagi pengendara yang tidak menggunakan masker kita hanya menyarankan agar selalu memakai masker, namun tidak menggunakan tindakan hukum lain. Sebut Kasubbag Humas

Sistem operasi yang kita terapkan dilapangan bersifat Hunting (berpindahpindah tempat) tidak statis di satu tempat/titik saja. Katanya Humas lagi.

Saat apel kesiapan gelar pasukan Kapolres secara simbolis menyematkan pita tanda dimulai operasi kepada utusan personil dari tiap instansi terkait seperti TNI, Pemda, Dinas Perhubungan, (dishub) dan Satpol PP. Tutup Humas (ALDY/KTN)

Bagikan :