Dugaan Perambahan Besar Besaran di Hutan Muara Tolang Tapanuli Utara

Bagikan :

Taput-Kiktodaynews.com|| Erijon Ritonga Kepala Desa Aek Saut,Kec.Simangumban,Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara menyakini telah terjadi pencurian ataupun perambahan kayu secara besar besaran dari Muara Tolang tepatnya Hutan Batu Nabolon

Dikatakan Erijon, Jumat (3/5/2024), sesuai penelusuran tapal batas wilayah tahun 2021 bersama Heber Tambunan sebagai Kadis Lingkungan Hidup, Josua Situmeang Kabag Tata Pemerintahan(Tapem) Kab.Taput pada saat itu serta Jefri Tampubolon Ajudan mantan Bupati Taput Nikson Nababan.
Diyakini , penebangan sudah masuk wilayah hutan Taput.

“Sesuai penelusuran yang kami lakukan dengan Pak Heber, Pak Josua dan Pak Jefri penebangan itu sudah masuk kiri kanan hutan wilayah Kab.Taput ” ungkap Erijon

Erijon juga menceritakan, pernah terjadi konflik antara warga Desa Dolok Saut Kab.Taput dengan Warga Desa Padang Mandailing Kabupaten Tapsel masalah Tapal Batas dan konflik itu sempat dimediasi kegubernuran Sumut namun sampai saat ini tapal batas antar dua wilayah belum jelas.

Kepala UPT KPH VI Tapsel Bernad Purba

Kades Dolok Saut ini juga menegaskan tidak pernah dilibatkan sebagai Pemerintah Desa oleh pihak kehutanan melalui KPH VI Tapsel maupun pihak Pemkab Tapsel untuk cruising hutan.

Sementara kepala UPT KPH VI Tapsel Bernad Purba menyebutkan tidak mengetahui siapa siapa yang melakukan penebangan di hutan Batu Nabolon perbatasan Taput dan Tapsel. Sedangkan untuk Tapal Batas wilayah bukan urusannya, itu merupakan kewenangan Pemkab.

“Itu bukan urusan saya, masalah tapal batas wilayah adalah urusan dari Pemkab” ujara Bernad Purba
(Sahata insan)

Bagikan :