Kepala Desa Nyatakan Sikap Dukung Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta

Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com|| Kepala Desa Se-Kabupaten Tapanuli Tengah  mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dibawah kepemimpinan Penjabat Bupati Tapteng, Dr.Sugeng Riyanta, SH.M.H. Dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketua DPC PAPDESI, Hasdar Efendi saat melaksanakan Rapat Kordinasi Pj Bupati Tapteng dengan para Kepala Desa se-Kabupaten Tapanuli Tengah yang dilaksanakan di Hotel Rahmi di Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah pada Selasa (9/1/24).

“Kami telah berkomitmen dan menandatangani integritas sesuai dengan netralitas dari Kepala Desa dan kami siap mempertanggungjawabkan sebagaimana dalam poin-poin. Tapi kami juga minta tolong mana tau ada foto-foto, kejadian-kejadian lama kawan-kawan kepala desa yang lama-lama itu juga perlu perlu dipertimbangkan. Tapi mulai hari ini hingga ke depan kami akan setia kepada pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan Negara dan itu adalah harga mati. Kami akan taat dan mendukung Pj Bupati Tapanuli Tengah, bapak Sugeng Riyanta dalam menegakkan Netralitas dan Pelayanan yang baik kepada masyarakat,” pukas Hasdar Efendi.

Adapun integritas tersebut dengan bunyi;

Kami Kepala Desa se Kabupaten Tapanuli Tengah menyatakan;

1. Mendukung Kepemimpinan Pj Bupati Tapanuli Tengah bapak Dr Sugeng Riyanta,SH, MH.

2. Melaksanakan seluruh kegiatan di desa sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3. Siap melaksanakan dengan sebaik-baiknya instruksi Bupati Tapanuli Tengah nomor : 800. 1. 6/3090/2023 tentang netralitas aparatur sipil negara kepala desa dan perangkat desa di lingkungan pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam pelaksanaan Pemilihan Umum dan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024,” kata Hasdar.

Sementara itu, Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta mengatakan, Rakor tersebut merupakan ajang silahturahmi antara Pj Bupati dengan para kepala Desa membahas tentang tata kelola Dana Desa dan juga tentang Netralitas Aparatur Pemerintah Desa pada Pemilu 2024.

“Saya memberikan arahan sebagaimana pelaksanaan pemerintahan di tingkat Desa itu harus dapat dilaksanakan dengan baik. Khususnya yang menjadi sorotan selama ini kan pengelolaan dana desa, jadi saya minta betul dana Desa ini agar dilaksanakan sesuai dengan ketentuan undang-undang,” Kata Pj Bupati.

Sugeng Riyanta  menegaskan,  “Dana Desa harus betul-betul sesuai peruntukannya untuk masyarakat tidak ada yang digunakan untuk kepentingan politik, Pemilu, apalagi untuk kepentingan yang sifatnya produktif,”.

“Kepala desa ini kan ujung tombak pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, jad sebentar lagi Pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Bagaimana posisi strategis kepala desa sebagai aparatur Pemerintah, saya mengajak mereka dari para kepala desa untuk peduli dengan Pemilu ini, tidak boleh cuek walaupun itu menjadi urusannya PPS tetapi kepala Desa itu menjadi penanggung jawab pemerintahan, kepala desa harus turun tangan sesuai dengan kewenangannya,” tegas Sugeng.

Wakajati Babel itu menerangkan, “dalam pelaksanaan pemilu mendatang, Kepala Desa minimal melakukan satu fasilitas tempat melaporkan permasalahan, kemudian yang utama Pemilu itu kepala desa wajib netral dan tidak mendukung salah satu parpol”, tegasnya.

“Tidak ada pilihan itu, kalau tidak Netral Pemilu ini nanti pasti cedera, karena saya juga sudah ingatkan kemungkinan adanya potensi-potensi kerawanan dalam rangka Pemilu, misalnya money politik atau kandidat yang menggunakan cara diluar undang-undang untuk mendapatkan suara banyak,” jelas Pj Bupati.

Sugeng menegaskan, Pemilu 14 Februari 2024 merupakan pintu jembatan emas menuju Kabupaten Tapanuli Tengah yang lebih baik dan meminta masyarakat memilih kandidat yang mau memperjuangkan kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan kelompok,” imbuhnya.

“Hati-hati Pemilu ini gunakan hati Nurani jangan menggunakan pendekatan-pendekatan yang merugikan diri sendiri. oleh karena itu tugas pemerintah kami ajak menyelenggarakan mewujudkan situasi agar Pemilu betul-betul aman, kondusif tidak ada intimidasi,” tandasnya.(HP).

 

Bagikan :