Ciptakan Pemilu Damai Tahun 2024, Ini Pesan Kapolres Tapteng

Bagikan :

Kliktodaynews.com,Tapteng|| Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Pandan Jalan Dr. F.L Tobing Pandan dilakasanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata Toba 2023 – 2024” dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Kab. Tapanuli Tengah, Jumat (13/10/ 2023) Pukul 08.00 wib

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Basa Emden Banjarnahor, S.I.K., M.H, Dandim 0211 TT Letkol INF. J.P. Banjarnahor, SIP,MIP, Dandenpom 1/2 Sibolga Letkol CPM. Abdul Kholiq, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr. Opsla, Dan Sat Radar 234 Sibolga Mayor Lek. H.R Hasibuan, SM, PJ. Bupati Kab. Tapanuli Tengah Dr. Elfin Ilyas, M.Si.CRGP, CGCAE, CFrA, Pj. Sekda Kab. Tapanuli Tengah Drs. Herman Suwito, MM, Ketua KPU Kab. Tapanuli Tengah Azwar Sitompul, SH, Ketua Bawaslu Kab. Tapanuli Tengah Sinta Sari Dewi Napitupulu, SE, Ketua Pengadian Negeri Sibolga Lenny Lasminar S, S.H., M.H, OPD Kab. Tapanuli Tengah, Para Kabag Polres Tapanuli Tengah, Para Kasatfung Polres Tapanuli Tengah, Para Kapolsek Jajaran Polres Tapanuli Tengah, Para Danramil Jajaran Kodim 0211 TT, Para Camat Se – Kab. Tapanuli Tengah, Ketua MUI Kab. Tapanuli Tengah Ustadz Drs. H. Ngadiman KS, Kakan Kemenag Kab. Tapanuli Tengah Julsukri M. Limbong, S.Ag.,M.M, Mewakili Kajari Sibolga K.R TAMBA.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH, menyampaikan rapat koordinasi lintas sektoral dilaksanakan sebagai wadah kolaborasi antara Polri, TNI, Penyelenggara Pemilu dan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengamanan pemilu tahun 2024 sehingga terciptanya Keamanan Kelancaran dan Ketertiban pada setiap tahapan pemilu dari tahun 2023 sampai tahun 2024

Baca Juga :  Pj Bupati Tapteng Puji Kinerja Kadis PMD

Kita dapat melihat sejarah konflik yang pernah terjadi di wilayah Kab. Tapanuli Tengah bahwa pada tahun 2006 pada saat pelaksanaan Pilkada terjadi pembakaran kantor KPU dan pada pemilu tahun 2019 terjadi pemungutan suara ulang serta penghitungan suara ulang di TPS di mana KPPS terbukti melakukan kesalahan.

“Polres Tapanuli Tengah termasuk dalam Rayonisasi Pengamanan Pemilu dengan adanyan Penempatan 1 Pleton Brimob di Wilayah Perbatasan dengan Propinsi NAD sertatindakan kepolisian dengan pemilu tahun 2024 meliputi langkah-langkah kegiatan Preemtif dan preventif dengan pola penggunaan kekuatan pada seluruh tahapan Pemilu” ucap Kapolres

AKBP Basa Emden menekankan agar selama dalam tahapan Pemilu 2024 agar :
1.Jaga pikiran Jaga pikiran pada saat Bapak dan Ibu sudah memilih atau menetapkan satu pasangan calon itu cukup disimpan dalam hati saja tidak perlu menjelek-jelekan pasangan lainnya.
2. Apabila ada yang tidak sesuai dengan hati agar dijaga sehingga tidak menimbulkan potensi konflik
3. Jaga jari kita apa yang dimaksud dengan jaga jari ini begitu mudahnya menggunakan teknologi saat ini sehingga pada saat rekan-rekan bapak ibu menggunakan teknologi agar bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial sehingga pemilu di kabupaten tapanuli tengah ini bisa berjalan dengan aman dan kondusif.

Ketua KPU Kab. Tapanuli Tengah Azwar Sitompul, SH menyampaikan bahwa saat ini KPU sedang menjalankan Tahapan Pemilu dan berharap pada saat pergeseran Logistik agar Polres Tapanuli Tengah menggelar Pengamanan Distribusi dan Penyimpanan Logistik di Gudang yang akan ditentukan sehingga distribusi logistic berjalan lancar dan baik

Baca Juga :  Kekerasan Anak Terjadi di Manduamas Tapteng

Sinta Sari Dewi Napitupulu, SE selaku Ketua Bawaslu Kab. Tapanuli Tengah mengajak seluruh lapisan masyarakat baik dari ASN maupun warga untuk membantu kami menjadi pengawas partisipasi beberapa hal yang kami perlu kami sampaikan pada penetapan DCS.

“Sudah jelas tertera dalam undang-undang 7 tahun 2017 Pidana Pemilu terhadap ketentuan tindak pidana Pemilu sebagaimana diatur dalam undang-undang yang mengatur mengenai Pemilu dalam pasal 476 ayat 3 undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 laporan tindak pidana Pemilu disampaikan secara tertulis paling sedikit memuat Nama dan alamat lengkap waktu dan tempat kejadian perkara dan uraian kejadian’ Pungkasnya

Menutup acara tersebut Pj. Bupati Kab. Tapanuli Tengah Dr. Elfin Ilyas, M.Si.CRGP, CGCAE, CFrA menyampaiakan bahwa kegiatan rapat kooordinasi merupakan wadah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi sehingga bisa meminimalisirkan hambatan maupun permasalahan.

Dr. Elfin Ilyas mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Tapteng dalam menyelenggarakan Rakor ini sebagai media komunikasi dalam menciptakan Pemilu aman dan lancar serta meminta kepada Satpol PP Kab. Tapteng agar melaksanakan koordinasi dengan Polres Tapteng, Bawaslu dan KPU terkait pengamanan dan pengawasan alat peraga kampanye.

“Semoga tahapan pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah berjalan aman damai dan kondusif” tutup PJ Bupati Tapteng(JN)

Bagikan :