Pemkab Simalungun Gelar Program Aksi Bergizi

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com|| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Kesehatan menggelar Program Aksi Bergizi melalui Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat.

Secara resmi, program ini dibuka oleh Kadis Kesehatan Edwin Tony SM Simanjuntak diwakili Kabid Kesmas Rosman Saragih di SMK Negeri 1 Raya, Kecamatan Raya, Simalungun, Sumut, Jum’at (13/10/2023).

Pembukaan itu ditandai senam pagi bersama, sarapan bersama dilanjutkan dengan pemberian tablet tambah dara bagi para siswi di SMK Negeri 1 Raya yang langsung diminum.

Dalam sambutannya, Rosman Saragih menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah program aksi bergizi yang dimulai sarapan bersama, gerakan masyarakat sehat melalui aktifitas fisik, dan pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri.

“Tablet tambah darah ini di berikan bagi yang sudah Aqil baliq (menstruasi). Dan ini sebagai stimulan atau penyuluhan bagi para remaja putri sebagai edukasi pentingnya hidup sehat,”ujar Rosman.

Menurut Rosman, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, karena mereka kelak diharapkan akan menjadi Pasangan Usia Subur (PUS) atau Calon Pengantin (Catin) yang sehat.

Baca Juga :  Tenang Menghanyutkan, "Di Larang Mandi" di Aliran Sungai Bahapal Sipangah

“Dalam waktu jangka panjang mereka kelak kita harapkan menjadi pasangan usia subur yang akan melahirkan anak yang sehat, tidak lagi Stunting,”terangya.

Olah karena itu, Rosman mengatakan tujuan jangka panjang dari hulu ke hilir pemberian tablet tambah daerah ini agar tidak ada lagi anak-anak Stunting di Kabupaten Simalungun.

“Saat ini di Puskesmas kita juga sudah tersedia cek HB (Haemoglo–bin) bagi wanita subur, jadi mereka kita pantau sejak dini,”ujar Rosman.

“Selain tablet tambah darah, asupan gizi yang seimbang juga sangat diperlukan bagi wanita subur, agar kesehatan tetap terjaga dengan baik,”lanjut Rosman.

Rosman berharap kegiatan tersebut tidak hanya berlangsung di SMK Negeri 1 Raya saja, akan tetapi di seluruh Kabupaten Simalungun melaksanakan aksi bergizi.

“Mari terus kita gaungkan sebagai gerakan menuju masyatakat hidup sehat,”ujarnya sembari mengajak para siswi SMK Negeri 1 Raya untuk menyampaikan yel yel, “Sehat di mulai dari saya dan sehat dimulai dari diri sendiri”.

Pelaksanaan program aksi bergizi di SMK Negeri 1 Raya di saksikan langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut.

Baca Juga :  Semarakkan HUT RI ke 74, PT. PN IV Unit Kebun Tinjoan Gelar Sosialisasi Gizi Buruk Dan Berbagai Perlombaan

Tampak hadir antara lain, Camat Raya Septiaman Purba, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Raya Mula Simanjuntak, TP PKK Kecamatan, tokoh agama dan undangan lainnya. (Tim/KTN)

Bagikan :