SMSI Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMAN 6 Binjai

Bagikan :

Binjai-Kliktodaynews.com|| SMA Negeri 6 Kota Binjai bekerjasama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Binjai-Langkat melaksanakan pelatihan jurnalistik bagi pelajar, Rabu (4/10/2023). Acara yang digelar di Ruang Aula SMA Negeri 6 Kota Binjai ini diikuti sedikitnya 80 peserta.

Saat membuka kegiatan ini, Kepala SMA Negeri 6 Kota Binjai, Sujarno SKom, menyatakan, pelatihan jurnalistik penting digelar demi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan literasi pelajar di bidang jurnalistik, terutama bagi para peserta didik yang mengikuti program ekstra kulikuler pandu digital.

“Saya minta ikuti kegiatan ini dengan serius, agar ilmu yang didapat dapat ditetapkan dengan baik. Sehingga kalian mampu tampil menjadi wartawan-wartawan handal di sekolah, yang dapat mempublikasikan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat melalui website sekolah kita. Sehingga nama baik dan prestasi sekolah kita dapat dikenal luas oleh masyarakat,” serunya.

Diakui Sujarno, SMA Negeri 6 Kota Binjai adalah sekolah di Kota Binjai yang paling banyak memfasilitasi program ekstra kulikuler bagi para peserta didiknya, sebagai wadah kreativitas bagi pelajar dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya, sekaligus mencegah perilaku negatif pada remaja.

Baca Juga :  Rudolf V Saragih: Etnis Simalungun Wajib Berkarya untuk Kabupaten Batubara

Selain itu, pihaknya pun turut memaksimalkan penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan peserta didik untuk meningkatkan peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), demi menjamin para pelajar mendapatkan pengalaman berorganisasi.

“Ingat, tugas kami selaku bapak dan ibu guru, hanya sebatas menuntun, agar nantinya kalian mampu mewujudkan keinginan dan cita-cita. Sebab kami sadar, kalian yang akan menggantikan posisi kami dan posisi para petinggi di negara ini nantinya,” ujar Sujarno.

Sebelumnya, Ketua SMSI Binjai Langkat, Siswanto Ihsan SE, didampingi Penasehat, Linda Herdiana Sitompul, dan Sekretaris, Zainal Fachri Harahap SE, mengungkapkan, pelaksanaan pelatihan jurnalistik bagi remaja merupakan upaya meningkatkan peran dan kontribusi organisasi bagi dunia pendidikan.

Khusus kegiatan ini, pihaknya menampilkan dua narasumber, yakni Sekretaris SMSI Binjai-Langkat, Zainal Fahcri Harahap SE, serta dua Wartawan Harian Analisa, Wardika Aryandi SS, dan Novi Dahlia SE. Mereka masing-masing menyampaikan materi tentang “Kiat Membangun Bisnis Media Siber bagi Pemula”, “Jurnalistik Dasar”, dan “Teknik Menulis Berita”.

“Harapan kita, kerjasama ini dapat terjalin secara berkelanjutan dan meluas ke sekolah-sekolah lain. Tujuannya tidak lain agar para pelajar dapat memahami fungsi media massa dan metode jurnalistik,” ucap Siswanto. ()

Baca Juga :  Bangkitkan Pariwisata, Toba Pulp Lestari Dukung Penuh Danau Toba Rally 2021

 

Bagikan :