Rudolf V Saragih: Etnis Simalungun Wajib Berkarya untuk Kabupaten Batubara

Bagikan :

Batubara – Kliktodaynews.com|| Bakal caleg DPR RI dari PDIP Perjuangan Dapil Sumut 3, Rudolf V Saragih menghadiri pelantikan/patampei sihilap pengurus Lembaga Pemangku Adat dan Cendikiawan Simalungun, Dewan Pimpinan Anak Cabang Partuha Maujana Simalungun (PMS) se-Kabupaten Batubara, Sabtu, 17 Juni 2023.

Rudolf hadir dalam kegiatan tersebut, tampak mengenakan seperangkat pakaian adat Simalungun. Hadir juga Ketua Umum DPP PMS Marsiaman Saragih.

Rudolf dalam kesempatan itu memberikan sambutan. Disebutnya, ada sebuah kewajiban bagi kita semua untuk tetap menjaga keberagaman di mana pun berada termasuk di Kabupaten Batubara.

“Pantas dan wajib bagi kita menjaga keberagaman,” katanya dalam bagian sambutan.

Menurutnya, kegiatan yang berlangsung telah membuktikan bagaimana Bhineka Tunggal Ika hidup di bumi Nusantara. Seperti etnis Simalungun, bisa hidup berdampingan dan harmonis di Kabupaten Batubara.

“Hari ini telah dibuktikan dan dinyatakan, bagaimana Bhineka Tunggal Ika ada di bumi Indonesia, khususnya di Kabupaten Batubara ini,” ujarnya.

Disebutnya, meski etnis Simalungun di wilayah yang dominan dihuni etnis Melayu tersebut tidak terlalu banyak, tetap harus bisa berkarya dan memajukan daerah tersebut.

Baca Juga :  Deklarasi Komitmen Bersama Akreditasi RSUD Doloksanggul Tahun 2022

“Walaupun kita sedikit (Simalungun) tetapi wajib bisa untuk menggarami atau berkarya untuk Kabupaten Batubara,” imbuhnya.

Mengutip pernyataan salah satu tokoh yang sebelumnya berbicara, Rudolf menegaskan, bahwa etnis Simalungun harus menjaga keharmonisan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Batubara.

“Tadi sudah disampaikan Pak Bonyamin, bahwa tidak boleh kita menjadi pengkhianat, dan kita tidak boleh menjadi raja di Kabupaten Batubara. Tapi kita selalu berdampingan dengan raja. Bagaimana caranya untuk kita mendapatkan kepercayaan dari sang raja, itulah tugas kita,” sebutnya.

Sekaitan dengan itu pula, bakal caleg dari PDIP Dapil Sumut 3 ini menyampaikan keinginan luhurnya untuk membawa etnis Simalungun secara khusus dan Kabupaten Batubara, menjadi lebih maju ke depannya, menjadi perwakilan di DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

“Maka demikian pula halnya bagi saya pribadi, saya siap membawa etnis Simalungun secara khusus dan masyarakat Kabupaten Batubara untuk menjadi lebih baik dari saat ini,” katanya. “Apakah kita semua setuju? Ya, mari…” kata Rudolf yang kemudian disambut setuju oleh tamu dan undangan yang hadir.

Baca Juga :  Menjelang Bulan Puasa, Harga Sembako di Pasar Tradisional Serbelawan Stabil

Rudolf dalam kesempatan itu selain menghadiri kegiatan PMS se-Kabupaten Batubara, juga dalam rangka membentuk Tim Pemenangan Rudolf V Saragih di Kabupaten Batubara.

Seperti diketahui, ada 10 wilayah yang masuk dalam daerah pemilihan atau Dapil Sumut 3, yakni Kota Pematang Siantar, Kota Binjai, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Langkat, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Pakpak Bharat. []

Bagikan :