Sebelum Pensiun Camat Diminta Kembalikan Tugu Gotong Perdagangan

Bagikan :

Perdagangan-Kliktodaynews.com Sebelum meninggalkan kantor Camat Bandar Samsul, SH diminta untuk kembalikan dan perbaiki tugu Gotong di depan Gereja HKBP Perdagangan yang dirubah menjadi air mancur hingga tidak berwujud serta mangkrak saat ini.

Hal ini disampaikan Willy Sidauruk,SH minggu(29/9/2019) siang, sebagai salah satu pemerhati kebudayaan dirinya miris setelah mendengar dan melihat tugu yang menjadi ikon kota perdagangan berbentuk Gotong Simalungun yang dibangun Camat sebelumnya Ismail Sinaga ini dengan beberapa bantuan masyarakat, dirubah oleh Camat Bandar saat ini tanpa ada persetujuan dengan pemangku adat Simalungun.

“Coba kita perhatikan tugu itu masih menyisahkan bentuk gotong, walau ingin dirubah berbentuk air mancur yang tidak memiliki keterkaitan dengan budaya Simalungun. Pun begitu mangkrak tak berwujud. Ini dapat disebut penghilangan budaya, ” Ucapnya.

Di penghujung masa dinasnya ini diminta agar Camat Bandar menunjukkan itikad baiknya mengembalikan ikon tersebut, agar tidak disebut penghilang budaya simalungun.

“Jadi ini saat yang tepat agar Camat Bandar segera mungkin kembalikan ikon tersebut. Sehingga dimasa akhir jabatannya ini tidak menyisahkan kesan buruk, ” Ucap Div Hukum LRR Siantar ini.

Beberapa warga setempat membenarkan perubahan tugu tersebut oleh Camat saat ini. “Iya bang, dulu bagus itu, dibuat Camat sebelumnya, sekarang lihat aja sendiri bang, ” Ucap Silaen.

Hingga saat ini, sudah hampir 10 tahun ikon tersebut mangkrak. Setelah dirubah dari gotong ke air mancur. (RED/KTN)

Bagikan :
Baca Juga :  Kementerian Agama Kabupaten Simalungun Terima Bantuan Dari Ketua GTPP Covid 19