Jelang HBKN, Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar untuk Jaga Kondusifitas Wilayah

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com|| Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di malam Minggu, menjelang perayaan hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 dan PEMILU 2024 Polres Simalungun melakukan kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan melakukan patroli skala besar yang dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H. Patroli ini berlangsung pada Sabtu, 09 Desember 2023 mulai pukul 21.00 WIB hingga selesai, di berbagai lokasi dianggap rawan gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Simalungun.

Patroli ini merupakan bagian dari upaya preventif Polres Simalungun dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta mengantisipasi berbagai kegiatan masyarakat yang terjadi pada malam Minggu. Kegiatan yang juga bertujuan untuk mempersiapkan situasi yang aman menjelang perayaan hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 dan PEMILU 2024 ini dihadiri oleh pejabat utama Polres Simalungun, perwira, dan lima puluh personil Polres Simalungun, ditambah dengan kekuatan dari personil Koramil 08 Model/Type-A, Kodim 0207/Simalungun, serta personil Sat Pol-PP Pemkab Simalungun.

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H. mengungkapkan pentingnya kegiatan patroli skala besar ini dalam upaya mewujudkan keamanan di wilayah Kabupaten Simalungun. “Kegiatan KRYD ini kita laksanakan untuk menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat Simalungun, terutama di saat akhir pekan di mana aktivitas masyarakat cenderung meningkat,” ujar AKBP Ronald.

Baca Juga :  Sidang Kajian dan Penetapan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten di Simalungun Dibuka Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga

Beliau menekankan bahwa tindakan preventif seperti patroli skala besar ini menjadi kunci dalam meminimalisir potensi gangguan keamanan dan ketertiban. “Melalui patroli ini, kita dapat mendeteksi dan mencegah secara dini setiap potensi kerawanan yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat. Sehingga diharapkan, setiap warga dapat melaksanakan aktivitasnya dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan kehadiran ancaman kriminalitas,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kapolres menyampaikan pentingnya kolaborasi antara aparat keamanan dengan masyarakat. “Polisi tidak bisa bekerja sendiri. Kami membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan kondisi yang kondusif di Simalungun,” tutur AKBP Ronald.

Ia pula mengingatkan personilnya untuk bertindak sesuai prosedur dan dengan cara yang humanis. Kapolres berpesan, “Dalam menjalankan tugas, saya ingin mengingatkan seluruh jajaran untuk selalu mengutamakan sikap humanis dan profesional. Gunakan pendekatan-pendekatan yang dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.”

Menutup sambutannya, Kapolres menyatakan komitmennya dalam terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Mari kita jadikan setiap kegiatan sebagai wujud nyata pengabdian Polri kepada masyarakat. Kita harus selalu siap dan responsif terhadap dinamika yang terjadi, demi menjaga Simalungun yang kita cintai ini tetap aman dan damai,” pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan dan keberhasilan dalam menjaga keamanan wilayah Kabupaten Simalungun. Apel malam yang merupakan bagian dari rangkaian patroli ini diselenggarakan di Halaman Parkir Perumahan Meranti Land, Jln. Asahan Kecamatan Siantar. Kapolres Simalungun AKBP Ronald memberikan arahan langsung kepada personilnya untuk melaksanakan patroli dengan humanis, serta menargetkan titik-titik lokasi yang rawan akan gangguan Kamtibmas, termasuk tempat-tempat keramaian dan hiburan malam.

Baca Juga :  Bupati Simalungun: "Jangan Pernah Menghitung Untuk Tuhan"

Pada pukul 21.30 WIB, para personil yang terlibat dalam patroli skala besar ini mulai bergerak untuk melakukan pemeriksaan identitas dan penggunaan narkoba, sedangkan pukul 22.00 WIB, mereka terbagi menjadi dua tim untuk menyambangi berbagai tempat. Tim pertama melaksanakan patroli ke Jl. Asahan Kec. Gunung Malela dan cafe-cafe, menghimbau untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sementara Tim kedua bergerak ke Jalan Lintas Sumatera guna mengantisipasi balap liar.

Giat patroli skala besar yang menjadi suatu kegiatan rutin Polres Simalungun bertujuan untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas dan balap liar, serta meningkatkan kesadaran masyarakat willayah Simalungun akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban, dan juga menghimbau para pedagang untuk tidak berjualan hingga larut malam.

Pada pukul 23.30 WIB, patroli skala besar ini dapat diselesaikan dengan situasi yang aman dan kondusif. Personil Polres Simalungun kemudian melanjutkan dengan apel konsolidasi dan evaluasi untuk meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. Di samping itu, giat patroli rutin terus dilaksanakan oleh Polres Simalungun sebagai bentuk antisipasi kerawanan Kamtibmas.(tim/KTN)

 

Bagikan :