Dishub Simalungun Launching Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor di Jalan Asahan KM 6

Bagikan :

SIMALUNGUN- Kliktodaynews.com|| -Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Simalungun menggelar lunching Unit Pelaksana Uji berkala kendaraan bermotor di Jalan Asahan KM 6, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Kamis (15/06/2023) sekira pukul 10.40 wib.

Kadis Perhubungan Simalungun, Sabar P Saragih dalam laporannya menyatakan
dalam rangka peningkatan pelayanan uji berkendaraan di masa RHS-ZW. Dari hasil data uji pengujian di Kecamatan Raya 60-61% yang datang. Yang datang 6900 dari 10.000 kendaraan yang ada.

Hal ini dikarenakan letak geografis, dimana jarak dari lokasi ke Raya masih jauh dan lebih dekat ke Tebing Tinggi dan Batu Bara.

Sehingga diambil langkah strategis bagaimana untuk membuka pengujian di Jalan Asahan. Pada Desember 2022, sudah mendapatkan kalabrasi perangkat dan sertifikat dari kementerian perhubungan setelah adanya sarana dan perasarana yang ada.

“Pengujian di Kabupaten Simalungun merupakan salah satu yg terbaik dan itu disampaikan Kementerian Perhubungan RI,” sebut Sabar Saragih.

Dikatakan Sabar Saragih, pihaknya selalu siap dan terbuka untuk menerima masukan dan kritikan untuk meningkatkan pelayanan. “Dishub tiga bulan kedepan mengkonsep pelayanan Drive 2. Supir datang tidak turun dan hanya dikendaraan dan proses pengujian dilakukan, diperkirakan memakan waktu,” katanya.

Sabar…
Senyum
Akuntable
Bertanggungjawab
Amanah
Ramah

Perwakilan Kepala BPTD Kelas II Sumut, Rian, ST. berharap pengujian memberikan manfaat bagi semua.

Ketua DPRD Simalungun dan selaku Ketua Organda Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, SH, MH dalam sambutannya mengatakan acara launching merupakan bagian dari kegiatan Pemkab Simalungun dalam menyikapi kebutuhan masyarakat dalam hal ini pengujian kendaraan.

Pengujuan kendaraan merupakan sangat penting dalam berkendaraan untuk pemgusaha angkutan. Ini merupakan bagaimana memberikan usaha jasa dalam mendukung angkotan di Simalungun.

Dalam kesempatan tersebut, Timbul Jaya Sibarani memberikan saran ke Dinas Perhubungan, ini todak terbatas untuk simalungun. Artinya orang2 yg di luar simalungun juga bisa menikmati pelayanan ini. Dibuat plang yg besar, sehingga angkutan dr luar mmgetahui. Ini menambah pendapatan bagi kabupaten Simalungun.

Direksi angkutan tahun 90, sebelumnya jd sopir. Ada 2 faktor untuk keselamaiann PP enumpamh, pertama kelaiakan kendaraan yg diuji Melalui pemgujian tersebut. Kedua faktor sarana dan prasarana, seperti lampu jln, rambu2dsb. Kami sarankan untuk dishub memperbaiki terpat pengjuan dam menghimbau nyaman.

Kementerian dihrapkan bagaimana jalan2 nasional difasilitasi sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.

Bimbingan dan arahan dari bupati Simalungun yang disampaikan wakil bupati Zonny Waldi, SSos, kapolres diwakili Kasat Lantas, perwakilan kejari.

Tidak sampai dua tahun, Simalungun sudah mempunyai dua pelayanan uji KIR.

Mewujudkan visi misi “Rakyat Harus Sejahtera”, salah satu poin pelayanan yang baik bagi masyarakat, dalam hal ini pelayanan pengujian.

“Layani masyarakat dengan sepenuh hati, senang hati, transparan dan tidak melenceng dari aturan yang ada. Lakukan pendataan ulang dari seluruh kendaraan dan bangun satu data base dan jalin kerja sama dengan Organda dan pengusaha-pengusaha kendaraan akan keberadaan pengujian KIR.

Selanjutnya pemberian stola kepada wakil Bupati Simalungun, Ketua DPRD Simalungun, Perwakilan Polres Simalungun. (chandro/KTN)

Bagikan :