Berkunjung ke Siantar-Simalungun, Bacapres Anies Baswedan Terima Hiou Simalungun

Bagikan :

SIANTAR-Kliktodaynews.com|| Bakal calon presiden (bacapres) Anies Rasyid Baswedan berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Sejumlah kabupaten/kota didatangi, di antaranya Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Jumat (3/11) Anies beserta istri Fery Farhati, menikmati sarapan di Kedai Kopi Kok Tong, Jalan Sutomo Pematang Siantar. Usai sarapan, Anie langsung menuju Pondok Persulukan Serambi Babussalam Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Ahmad Sabban El-Rahmany Rajagukguk. Dari TGB, Anies menerima imamah atau sorban berwarna putih.

Di Kedai Kopi Kok Tong, Anies didampingi pengurus partai politik (parpol) Koalisi Perubahan dan Persatuan, yaitu Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Di tempat itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, berdiskusi dengan puluhan pendeta dan simpatisan mengenai isu keadilan di negara ini.

Sambil menikmati kopi khas Pematang Siantar, Anies menyoroti ketidaksetaraan yang masih dihadapi masyarakat, terutama mereka yang berada dalam kelompok ekonomi bawah.

Anies juga mengucapkan terima kasih kepada para tokoh agama, khususnya pendeta yang hadir dalam pertemuan tersebut. Ia mengakui peran penting pendeta sebagai pengayom jemaat dan penjaga ketenangan dalam masyarakat.

Selain itu, Anies menekankan saat ini masyarakat Indonesia masih merasakan ketidaksetaraan dan ketidakadilan. Ia berjanji untuk bekerja keras dalam mendukung isu-isu keadilan yang ada di masyarakat.

Dalam kunjungan ini, Anies yang berpasangan dengan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar, menyampaikan rencananya untuk mendirikan stadion sepakbola berstandar FIFA di Sumut. Dengan langkah ini, ia berharap masyarakat Sumut bisa memiliki fasilitas olahraga yang setara dengan standar internasional, sehingga memberikan peluang bagi perkembangan olahraga di Sumut.

Di Pondok Persulukan Serambi Babussalam Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Anies bersilaturahmi dengan TGB Syekh Ahmad Sabban El-Rahmany Rajagukguk. Di halaman persulukan, para kader parpol dan simpatisan dengan sabar menunggu Anies keluar dari ruangan. Yel-yel “Anies Presiden, Muhaimin Wakil Presiden, dan AMIN Menang Satu Putaran” terus bergema.

Saat keluar dari ruangan, Anies telah mengenakan imamah atau sorban putih pemberian TGB. Selanjutnya, Anies dan istri didaulat naik ke pentas.

Di atas pentas, Anies dan istri menerima Hiou Simalungun yang diserahkan Ketua Umum Ihutan Bolon Saragih Garingging Boru Pakon Panogolan (IBSGBP) yang juga mantan Bupati Simalungun dua periode Jopinus Ramli (JR) Saragih.

Di hadapan para pendukung dan simpatisan, Anies mengaku kali pertama datang ke Simalungun. Namun, katanya, kedatangannya bukan yang terakhir.

“Semoga kedatangan saya bisa berkelanjutan di masa yang akan datang,” kata Anies.

Menurut Anies, Hiou Simalungun yang diterimanya akan dibawanya pulang ke Jakarta. Begitu pula imamah putih yang diterimanya dari TGB.

“Jadi kenang-kenangan sebagai bukti toleransi dan keteduhan di Simalungun. Di Simalungun ini, saya lihat masjid berdampingan dengan gereja, umat Islam hidup berdampingan dengan umat Kristiani. Ini menunjukkan di Tanah Simalungun ini saling menghormati dan menghargai,” terangnya, seraya menanyakan nama penutup kepala yang diterimanya dari JR Saragih, yaitu gotong.

Tak lupa, Anies juga menyinggung perubahan untuk Indonesia yang lebih adil.

“Semua yang ingin kita dapatkan, dijawab dengan AMIN. Semua yang baik, di-AMIN-kan, dan kali ini kita AMIN-kan aja dulu,” sebutnya.

Sementara itu, pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Sumut yang juga anggota DPRD Sumut Rony Reynaldo Situmorang didampingi Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Simalungun Ida Masta Saragih, menerangkan sebenarnya mereka ingin membuat kegiatan yang lebih besar untuk menyambut kedatangan Anies di Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun. Hanya saja, karena keterbatasan waktu, Anies hanya singgah di Pematang Siantar dan bersilaturahmi dengan TGB di Simalungun.

Rony menambahkan, besar kemungkinan Anies akan kembali datang ke Pematang Siantar dan Simalungun dengan agenda kegiatan yang lebih besar.

“Melihat antusiasnya masyarakat bertemu dengan Anies, kemungkinan besar di masa kampanye Anies akan datang kembali ke sini bersama Muhaimin,” tukasnya, yang mengaku sebelumnya tidak menyangka masyarakat Pematang Siantar dan Simalungun sangat antusias bertemu Anies.

Bagikan :