Bandar Huluan Gelar Festival Tor Tor dan Turiturian Simalungun

Bagikan :

Bandar Huluan-Kliktodaynews.com||
Kecaman Bandar Huluan menggelar festival Tortor dan Turiturian Simalungun dirangkaikan peneguhan Bunda Paud bertempat di halaman kantor Camat Bandar Huluan Kamis ( 02/10 ) sekira jam 14.00 wib.

Hadir pada kesempatan ini Ibu Bupati Radiapoh H Sinaga,SH,MH selalu Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun dan rombongan,Camat Bandar Huluan Akbar Putra Siregar,STTP, MSi, para Pangulu dan para Bunda Paud serta peserta lomba.

Dalam sambutannya Ibu Bupati mengatakan Seni budaya Simalungun ini harus kita lestarikan dan perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita, seperti tortor dan Turiturian Simalungun, kepada pihak Pangulu kiranya dapat dimulai digalakkan Seni budaya Simalungun,kepada masyarakat,”jelasnya.

Pada kesempatan ini seluruh Nagori mengirim peserta tortor dalam festival ini.

Sedangkan peserta Turiturian Simalungun tampil dari Nagori Dolok Parmonangan yang dibawakan oleh Abdul Raja Sinaga siswa SD klas 3 , bercerita tentang dirinya yang sudah ditinggal ibunya, dia harus mengurus ayahnya menyediakan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah,dan tidak ada dikasih jajan seperti teman temannya,” ungkapnya sembari meneteskan air mata.

Setelah pulang’sekolah Abdul membantu ayahnya , dia berharap jadi raja kalaupun tidak di pemerintahan Simalungun,di keluarga pun aku jadi raja,” tuturnya dalam bahasa Simalungun.

Usai marturiturian langsung dipanggil Ibu Bupati Radiapoh H Sinaga,SH,MH dan dipeluknya sembari Ibu meneteskan air mata.

Turiturian Abdul Raja Sinaga membuat para penonton menangis terisak -isak.
Usai acara festival dilanjutkan pengukuhan Bunda Paud oleh Ketua TP PKK Ibu Radiapoh H Sinaga SH MH.

Pantauan kru media ini dilapangan acara berjalan lancar dan meriah. ( SS/TB Purba )

Bagikan :