Bandar Dolok Sebagai Nagori Percontohan di Kecamatan Dolok Panribuan

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com Nagori Bandar Dolok dijabat oleh pangulu Papar Gultom, dipilih tim monitoring Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Simalungun sebagai Nagori percontohan di kecamatan Dolok Panribuan Rabu,04/12/2019 untuk menyejahterahkan masyarakat.

Kegiatan monitoring dan evaluasi tim dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, Gamot , maujana ,para Ibu ibu PKK, jajaran puskesmas, para pangulu se-Dolok Panribuan , Kapolsek serta Yang mewakili danramil , dan Camat.

Papar Gultom dalam sambutanya “menghormati Tim monitoring Kabupaten Simalungun atas terpilihnya sebagai Nagori percontohan di kecamatan Dolok Panribuan , adapun program dari kabupaten memberi kita sebagai Nagori (desa,red) percontohan, kita sangat berterima kasih atas dipilihnya desa , untuk itu kepada masyarakat mari kita selalu bersatu demi menjunjung nilai-nilai prestasi kita”. katanya.

Sementara bimbingan dan arahan dari tim evaluasi tim penggerak Bandar Dolok, nyonya Nirwana Papar Gultom, mengatakan, “Sesuai surat keputusan tim evaluasi pihak kabupaten terpilih tentang administrasi pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Tertib administrasi itu dimulai dari setiap kegiatan di nagori, secara umum membagi dua administrasi umum surat menyurat yaitu surat masuk dan surat keluar.”

Lanjut dia, daftar anggota tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan kadernya , ada anggota PKK dia termasuk kader, ada kader posyandu dll. Agenda surat yang datang dan agenda surat keluar , itulah yang akan kita kirim. Buku keuangan digunakan untuk mencatat setiap kegiatan,buku kegiatan juga harus selalu isi, bagi seluruh anggota penggerak PKK ditandatangani bagi yang Hadir, terangnya.

Namun, Ibu dr Erunita Anggriani nyonya JR Saragih diwakilkan sambutan tim penggerak monitoring dan evaluasi, dikatakan “perlu mendapat kesejahteraan, nagori yang di tunjuk di kecamatan adalah nagori yang terpilih, melalui kerjasama dari pangulu masyarakat dan didukung melalui dana desa.

Dukungan program pemerintah sangat banyak diantaranya seperti program stunting. Saya mengharapkan lomba kreativitas ini berkelanjutan dan akan menghasilkan masyarakat sejahtera.

Dalam kesempatan ini kami menghimbau nagori yang dibina sebagai desa percontohan, maka tahun 2020 akan dilakukan pembinaan dan akan turun tim penggerak propinsi akan melakukan monitoring.

Ia berharap, dimasa masa tugas akhir periode ini, kita semakin maju dan cerdas.

Juliana ketua tim penggerak kabupaten menyampaikan sambutannya, dikatakan, pengurus penggerak tim PKK di bandar dolok mencapai 60 orang, pengurus itu ngak harus banyak, didusunya harus ada. Tapi tidak masalah kader kader rela memberi waktu.

Bantuan pemerintah sudah banyak kita terima, dengan kegiatan ini bapak ibu yang hadir jangan mengharapkan uang duduk ya amang inang, karena melalui program pemerintah ke desa desa sudah biasa di kucurkan dana desa,katanya.

Masih lanjut dia, Dasa wisma yang membentuk pemberdayaan kesejahteraan keluarga, tapi yang bertanggung jawab atas dasa wisma adalah Gamot.

Melalui kegiatan ini, Gamot diharapkan harus tau keberadaan itu semua, keadaan warga kita. Warga yang masuk ke daerah dusun , Gamot harus tau dan wajib melakukan kerja sama pendataan.

Ia menegaskan, mulai dari bawah sampai ke atas jangan berlengah lengah. Anggota keluarga harus masuk dalam kelengkapan administrasi, semua masyarakat mau melakukan perubahan, dan masih banyak yang kita benahi.

Ia juga menjelaskan, stunting itu pertumbuhan nya yang kurang baik,melalui kegiatan harus dicatat siapa siapa yang masih tergolong stunting. Di agenda juga harus tertera apa kegiatan yang dilakukan esoknya, contohnya disusun ini terjadi begini kemudian Gamot harus lapor ke pangulu, semuanya harus kerja sama dengan aparat nagori.

Jangan kita menuntut hak, tapi hak kita ngak kita penuhi, kita harus juga memenuhi seperti membayar pajak,dan bersihkan lingkungan kita.

Ia berharap, kepada warga Dolok Panribuan tolong dirapikan jangan ada sampah dipinggir jalan karena ini daerah jalan destinasi pariwisata Danau Toba, apalagi sebentar lagi tanggal 09 Desember akan merayakan pesta danau Toba.

Lanjutnya, kalo bisa manfaatkan lahan di pinggir jalan tanami serai wangi, supaya nampak Simalungun itu nampak bersih, dan tata kelola.

Sementara itu, Panitia PKK kecamatan Dolok Panribuan mengarahkan kepada masyarakat agar melakukan pengobatan gratis, bahkan untuk KB (Keluarga Berencana) juga dilakukan di Nagori tepatnya Jalinsum Prapat-pematang Siantar.

Camat Septiaman Purba mengucapkan terima kasih kepada bapak manurung yang telah memberikan kerjasama dengan kita karena menyediakan tempat bagi kegiatan tim penggerak monitoring dan evaluasi.

Lanjut dia, sudah banyak tadi program PKK yang disampaikan tim monitoring, melalui program ini mari kita tingkatkan untuk lebih bagus, apabila ada kekurangan dari kami semoga dimaafkan.tutupnya.(TOM/KTN)

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*