Polres Pematang Siantar Laksanakan Rakor Lintas Sektoral OPS Mantap Brata Toba 2023-2024 dan Deklarasi Pemilu Damai

Bagikan :

Siantar-Kliktodaynews.com|| Dipimpin Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK laksanakan rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Toba 2023-2024 Dan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai dalam rangka Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota di Wilayah Kota Pematang Siantar.

Kegiatan itu di Aula Mako Polres Pematang Siantar, Senin, (16/10/2023) pagi pukul 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan itu Walikota Pematang Siantar Dr. Susanti Dewayani, Sp.A, Kajari Kota Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu, SH, MH, Wakil ketua PN Kota Pematang Siantar Leoni Manullang SH, MH, Ketua KPU Kota Pematang Siantar Daniel Manompang Sibarani, SH, Ketua Bawaslu Kota Pematang Siantar Nanang Wahyudi.

Wadanden Pom Mayor CPM Antonius S, PJU Polres Pematang Siantar, Danki Brimob 2 yon B. IPTU Ronny Sarko, SH, MH, Danramil 03 (Mewakili Dandim 0207/Sml KAPTEN Teguh Sugiono serta Perwakilan Partai Perindo Partai Garuda, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai PSI, Partai Hanura Dan Partai Pan

Dalam arahannya Kapolres Pematang Siantar, AKBP Yogen Heroes Baruno menyampaikan kepada para peserta rakor lintas sektoral Ops Mantab Brata Toba 2023 -2024 yang hadir saat ini akan melaksanakan rokor lintas sektoral yang dilanjutkan dengan Deklrasi Pemilu Damai dalam rangka persiapan pengamanan kegiatan Operasi Mantab Brata Toba 2023-2024 menuju pemilu damai Kota Pematang Siantar.

Kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral Ops Mantab Brata Toba 2023-2024 ini bertujuan untuk kita semua bersama sama menyatukan visi dan misi dan persepsi bersama dalam rangka mempersiapkan kesiapan kita masing masing menghadapi pemilu Legislatif dan Presiden di tahun depan.

Ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah ada tahapan tahapannya untuk Ops Mantab Brata Toba yang akan dilaksanakan secara serentak pada hari Kamis pukul 00.00 wib pada tanggal 19 oktober 2023 dan Ops Mantab Brata ini berlangsung lama atau terlama selama 222 hari

Untuk mempersiapkan Ops Mantab Brata Toba ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan Polres jajaran, diantaranya kegiatan Lat Praops yang sudah kita laksanakan, simulasi Sispamkota, Rakor Lintas Sektoral dan Deklarasi Pemilu Damai dan besok serentak seluruh Indonesia akan melaksanakan apel gelar pasukan untuk Kota Siantar dilaksanakan lapangan Brimob.

Dan nanti siang akan kita laksanakan gladi dan besok pagi kita laksanakan gelar secara serentak untuk mengecek kesiapan personil yang terlibat dalam Ops Mantab Brata Toba 2023-2024

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan personil personil yang terlibat untuk kegiatan Ops Mantab Brata yang akan kita laksanakan. Jadi kegiatan Lat Pra Ops adalah merupakan kegiatan refreshment untuk memberikan teori dan paparan dari masing masing pihak bagaimana gambaran pelaksanaan pemilu di Kota Pematang Siantar ke depan

Kemudian simulasi Sispamkota bertujuan untuk bagaimana kesiap siagaan personil dalam menghadapai situasi dengan eskalasi yang meningkat dari hijau, kuning dan merah sehingga seluruh personil siap apabila hal tersebut terjadi di wilayah Kota Pematang Siantar.

Kegiatan Rakor Lintas Sektoral ini bertujuan untuk menyamakan persepsi visi dan misi kita semua dari Kepolisian, Kejaksaan, KPUD, Bawasluh,dan Pemerintah Kotaa dengan menyatukan persepsi sehingga pelaksanaan tugas kedepannya kita selaraskan sehingga kegiatan pengamanan atau Ops Mantab Toba berjalan dengan baik

Kegiatan ini sangat penting bahwa keamanan Kota Pematang Siantar selama pemilu tidak hanya tanggungjawab kepolisian saja namun juga stake holder yang terkait seperti TNI, Pemerintah Kota dan yang lainnya. Ini bisa selaras dan kita bersama sama mengamankan kegiatan pemilu, apabila kegiatan pemilu dimulai dari tahapan penentuan calon, kampanye, pencoblosan dan sebagainya dapat dilaksanakan dengan baik dan tertib tanpa ada masalah di Kota Pematang Siantar otomatis semua kegiatan kemasyarakatan Insyaa Allah dapat berjalan dengan baik sehingga hal ini sangat penting kita duduk bersama.

Dalam kegiatan ini kita semua sepakat untuk menandatangani apa yang dinamakan deklrasi pemilu damai sehingga kita memiliki tanggungjawab yang sama dalam menciptakan kedamaian di Kota Pematang Siantar selama pelaksanaan pemilu 2023 -2024.

Untuk itu saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan undangan maupun personil yang hadir pada kesempatan siang hari ini selanjutnya kita dapat memahami bersama sehingga apa yang diharapkan dan tujuan dari kegiatan ini sama sama kita punya gambaran sehingga masing masing kita bertugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya kedepan. (Tim/KTN)

Bagikan :