Wali Kota Susanti Hadiri Acara Soft Launching Gedung Rawat Inap Rumah Sakit RSU Haji Medan

Bagikan :

MEDAN – Kliktodaynews.com|| Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri acara Soft Launching Tower 1 (Gedung Rawat Inap) Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan. Soft Launching Tower 1 RSU Haji Medan itu dipimpin Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan dihadiri wali kota/bupati se-Sumut, di Jalan Rumah Sakit Haji No 47, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (15/08/2023).

Tower 1 ini merupakan pengembangan bangunan RSU Haji milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang siap beroperasional.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan, pengembangan rumah sakit (RS) tersebut seharusnya dilaksanakan tahun 2020 lalu. Namun karena pandemi Covid-19, pembangunan akhirnya diundur hingga tahun 2022.

“Saya ingin rumah sakit terus dikembangkan hingga lima tower. Sehingga rumah sakit ini bisa melayani masyarakat Sumut yang banyak berobat ke luar negeri. Dan, di tanah seluas enam hektare ini saya ingin mengembangkan RS ini,” sebut Edy.

Edy juga menjelaskan, untuk pembangunan tower kedua nantinya akan dilanjutkan melalui kerjasama dengan pihak Korea Selatan. Sedangkan pembangunan tower ketiga rencananya dibangun tahun 2025.

Baca Juga :  UU No 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi Warnai Musyawarah Kerja Daerah BPD Gapensi Sumatera Utara

Pembangunan tower direncanakan sebanyak lima tower di atas lahan seluas enam hektare. Pembangunan tower ruang rawat inap di RSU Haji diharapkan dapat menjawab tantangan atas tingginya minat masyarakat di Provinsi Sumut berobat ke luar negeri.

Di samping itu, untuk melengkapi peralatan RSU Haji Medan ini, akan dibantu melalui soft loan dari Korea.

Pengembangan RSU Haji Medan juga diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat, khususnya di Provinsi Sumut terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Pembangunan tower dilaksanakan secara bertahap dengan dukungan APBD Provinsi Sumut.

Turut mendampingi dr Susanti, yakni Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pematang Siantar Dwi Aries Sudarto dan Kepala Dinas Kesehatan Pematang Siantar drg Irma Suryani MKM. (*)

Bagikan :