Diklat Literasi dan Numerasi Guru SD oleh BBGP Sumut di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun

Bagikan :

SUMUT-Kliktodaynews.com|| Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Pelatihan Bidang Literasi dan Numerasi bagi Guru Sekolah Dasar di Lingkungan Dinas Pendidikan Kab.Simalungun yang dilaksanakan pada tanggal 03 s.d 06 April 2024 di Hotel Khas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Rangkaian awal kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun Bapak Sudiahman Saragi,S.H, Kepala BBGP Sumut DR.Joko Ahmad Julifan,M.Si yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Transformasi Sekolah BBGP Provinsi Sumatera Utara Ibu Mefrida Harahap,M.Pd serta didampingi para Narasumber.

Turut hadir narasumber pada bidang kegiatan pelatihan Literasi adalah Ibu Mefrida Harahap,M.Pd dari BBGP Provinsi Sumatera Utara dan Ibu Mahniar Sinaga,M.Pd. sedangkan narasumber bidang kegiatan pelatihan Numerasi adalah Ibu Dra.Ivo Yani,M.Pd dan BBGP Provinsi Sumatera Utara Ibu Kartika Warman,S.Pd. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru terkait capaian belajar literasi melalui pemahaman konsep literasi. Sedangkan bidang Numerasi untuk memahami, menguasai dan menerapkan konsep dan miskonsepsi numerasi dalam pembelajaran fase A serta melakukan pemetaan kemampuan numerasi awal fase A.

Terpantau oleh awak media Klik Today News, seluruh peserta kegiatan berjumlah 80 orang Guru terpilih yang terdiri dari 40 orang peserta pelatihan bidang literasi (kelompok 1) dan 40 orang peserta pelatihan bidang numerasi (kelompok 2) yang berasal dari 32 kecamatan di Lingkungan Pendidikan Simalungun yaitu Kecamatan Bandar, Bandar Huluan, Bosar Maligas, Dolok Batu Nanggar, Dolok Panribuan, Dolok Pardamean, Dolok Masagal, Dolok Silau, Girsang Sipangan Bolon, Gunung Malela, Gunung Maligas, Haranggaol Horison, Hatonduhan, Hutabaturaja, Jawa Maraja Bahjambi, Jorlang Hataran, Pamatang Sidamanilk, Pamatang Silimahuta, Panei, Panombeian Panei, Pematang Bandar, Purba, Raya, Raya Kahean, Siantar, Sidamanik, Silimakuta, Silau Kahean, Tanah Jawa, Tapian Dolok, Ujung Padang.

Baca Juga :  Orangtua Minta Wali Kota Sibolga Perhatikan Pelajar SMP Negeri Unggulan Pemko

Ibu Mefrida Harahap,M.Pd selaku Ketua Tim Transformasi BBGP Sumut menuturkan kepada kami saat diwawancarai begitu banyak tantangan yang harus dihadapi di Lingkungan Pendidikan Sekolah Dasar utamanya kompetensi Literasi dan Numerasi, oleh karena itu Guru Penggerak sebagai pemimpin pembelajaran dituntut harus hadir medorong tumbuh kembangnya murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan Pendidik (Guru) lainnya untuk bersama-sama mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, pernyataan tersebut juga di amin-ni oleh Mahniar Sinaga,M.Pd sebagai Narsum dalam kegiatan tersebut.

Hari ini, saya bersyukur karena dapat mengikuti program pelatihan peningkatan kompetensi bidang literasi dan numerasi pungkas Ramon Saragi,S.Pd salah satu guru peserta diklat tersebut.

Sappe Pangihutan Tua,S.Pd juga berkelakar kepada awak media Klik Today News maunya akhir tahun dibuat lagi kegiatan seperti ini ya bang dan semoga saya diundang lagi, ha.ha.haa.. karena banyak ilmu, tekhnik, dan strategi pembelajaran literasi yang saya dapatkan di tempat ini, dan semoga saya bisa meng-aplikasikan ilmu yang diperoleh disini untuk seluruh murid-murid saya di sekolah sekembalinya dari acara ini bang.

Baca Juga :  Marlundu Situmorang Personil Marsada Band Dikabarkan Meninggal Dunia

Semoga para guru yang ikut terpilih dalam pelatihan ini dapat menumbuh kembangkan literasi dan numerasi serta membudayakannya di sekolah masing-masing, membentuk komunitas-komunitas belajar yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan, sehingga pada akhirnya menjadikan warga sekolah menjadi pembaca aktif. Walaupun tidak semudah membalikkan telapak tangan namun kita harus terus optimis, semangat dalam berusaha dan berupaya, tutup Mefrida Harahap,M.Pd.

Penulis : Andres

Bagikan :