Cegah DBD, Pemerintah Desa Aek Songsongan Lakukan Fogging dan PSN

Bagikan :

Asahan – Kliktodaynews. com|| Selain fokus dalam mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19),harus mencegah serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang belakangan ini terjadi di Desa Aek Songsongan.

Seperti yang dilaksanakan Desa Aeksongsongan Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan, selain melakukan penyemprotan menggunakan desinfektan, pemukiman warga juga dilakukan pengasapan dengan mesin fogging untuk mencegah serangan DBD sekaligus melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Kepala Desa Aeksongsongan Ir. Edy saputra Marpaung mengatakan hari ini Selasa, (2/11/2022) pihaknya bersama menejemen PTPN III kebun Bandar Selamat melaksanakan kegiatan pengasapan untuk mencegah serangan DBD.

“Pencegahan penyakit berbahaya itu perlu dilaksanakan, apalagi sekarang ini sedang ada peningkatan serangan DBD di lingkungan rumah warga, bahkan kasus DBD sudah terjadi di Desa kami,” kata dia.

Dijelaskannya, meski di Desa Aeksongsongan sudah kami lakukan poging atau pengasapan pencegahan DBD tapi masih ada warga kami yang terkena DBD, tapi pencegahan dan antisipasi terus kami lakukan, salah satunya dengan melakukan pengasapan untuk membunuh nyamuk penular DBD.

Baca Juga :  Menyahuti Aspirasi Warga, Fraksi Golkar Ingin BPJS Diaktifkan

Menurutnya, dalam melakukan pengasapan menggunakan mesin fogging itu, pihaknya memang telah memiliki mesin fogging, begitu juga dengan obat yang biasa digunakan untuk melakukan pengasapan berkat kerja sama yang baik dengan Pak Askep PTPN III. Ungkapnya.

Alhamdulillah dalam kegiatan fogging ini pihak desa yang dibantu oleh pihak PTPN III mengucapkan terima kasih, mudah mudahan kerja Sama yang baik ini dapat dipertahankan,” harapnya.

Selain melakukan pencegahan serangan DBD dengan menggunakan mesin fogging, pihaknya juga menggerakan warga  bersih-bersih lingkungan secara serentak setiap minggu pertama setiap bulannya,sambung Edy.

Edy berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan, dan rutin melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk,setiap hari dengan kesadaran tanpa ada paksaan.

“Pengasapan yang kita lakukan hanya membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik nyamuknya tidak, jadi untuk membunuh jentik nyamuk masyarakat harus membersihkan lingkungan sekitar terutama yang biasa menjadi sarang nyamuk,” tandasnya.(SM)

Bagikan :