Kapolres Bersama PJU Polres Batu Bara Terobos Banjir Salurkan Bantuan

Bagikan :

Batu Bara – Kliktodaynews.com|| Kapolres Batu Bara AKBP Jose D.C Fernandes, S.Ik bersama Kabag Ops Polres Batu Bara Kompol Imam Alriyuddin, SH. MH – Kasat Samapta Polres Batu Bara AKP D. P. Sinaga, SH. MH dan Kasat Binmas Polres Batu Bara AKP Agus Tina Lestari Br Ginting, S.Ik. M.Si serta Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi, SH. MM maupun KBO Lantas IPTU J Manurung dan Kanit Regiden IPDA RIKI Hamdany, SE tinjau Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara dilanda banjir, apa hari Senin tanggal 21 November 2022 sekira pukul 08.00 wib.

Menurut Kapolres Baru Bara banjir di Desa Lubuk Cuik diakibatkan dari Luapan Air Aliran Sungai Bahbolon yang meluap masuk ke Perkebunan TIU kemudian dari Perkebunan TIU Air melimpah melalui Parit Perkebunan ke Pemukiman Warga yang berada di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik dengan ketinggian Air dihalaman rumah warga antara 100cm.

Pada hari Selasa tanggal 22 November 2022 sekira pukul 08.00 wib, kembali luapan air yang masuk ke pemukiman warga Dusun 1 Desa Lubuk Cuik mulai surut sekira pukul 17.00 Wib s/d pukul 22.00 Wib hujan kembali turun dengan sangat deras di Batu Bara dan Kabupaten Simalungun.

Pada hari Rabu tanggal 23 November 2022 sekira pukul 05.00 wib, luapan air aliran Sungai Bahbolon yang meluap masuk ke Perkebunan TIU kemudian dari Perkebunan TIU Air melimpah melalui Parit Perkebunan ke Pemukiman Warga Desa Lubuk Cuik kembali tinggi dengan ketinggian Air dihalaman rumah warga antara 90 cm – 100 cm.

Baca Juga :  Pimpinan Garuda Plaza Hotel Medan Menyalurkan Zakat Mal dan Bantuan Alat Kebersihan di Desa Sei Raja Kabupaten Batu Bara

Mendapat Informasi Luapan Air di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik semangkin meluas dan tinggi pada hari Rabu tanggal 23 November 2022 Sekira Pukul 17.00 WIB, Kapolres Batu Bara AKBP Jose D. C. Fernandes, S.Ik langsung nelakukan pengecekan pemukiman warga yang terdampak Luapan Air di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik.

Dalam kegiatan pengecekan banjir di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik Polres Batu Bara memberikan Bantuan untuk Korban Banjir Dusun 1 Desa Lubuk Cuik yakni berupa :
– Beras 30 Zak @5 Kg.
– Selimut 30 Pcs.
– Mie Instan 10 Kotak
– Melakukan Pemeriksaan Kesehatan bagi warga yang terdampak banjir.

Adapun Data Warga yang terkena dampak Banjir di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik sebanyak 44 KK, Korban Jiwa : Nihil, Kerugian Meteri : Belum dapat di taksir.

Catatan : bencana alam berupa banjir terjadi dikarenakan Curah Hujan yang sangat tinggi di daerah Kab. Simalungun menyebabkan Aliran Air Sungai Bahbolon meluap ke Perkebunan TIU dan dari Perkebunan TIU melalui Parit Kebun Air kembali masuk ke Pemukiman Warga yang berada di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik Kec. Lima Puluh pesisir dengan ketinggian air mencapai ± 90 Cm – 100 Cm.

Terkait Hal tersebut diatas Personel Polres Batu Bara telah menghimbau warga yang rumahnya terdampak luapan air agar mengungsi sementara ketempat saudara/sanak family yang rumahnya tak terkena banjir.

Baca Juga :  Penumpang Bus Karya Agung Meninggal Dunia di Depan Apotek

PREDIKSI tidak menutup Kemungkinan Luapan Air Sungai Bahbolon semangkin meluas, mengingat tingginya intensitas curah hujan saat ini.

Adanya penambahan data warga yang terkena dampak luapan air dungai akibat Curah Hujan yang sangat Tinggi.

Bencana alam berupa banjir akan berlangsung lama sehingga, timbul penyakit terhadap masyarakat yang melakukan pengungsian di Posko Penangan Banjir yang telah disiapkan.

Langkah -langkah yang dilakukan
melakukan pendataan terhadap korban yang terkena dampak luapan air sungai bahbolon dan evakuasi terhadap masyarakat yang rumahnya terkena banjir ke dataran tinggi atau rumah sanak saudara yang tak terkena banjir.

REKOMENDASI : Personel Polres Batu Bara bersama Dinas BPBD Batu Bara tetap Standby dan Siaga dilokasi yang terdampak luapan air Sungai guna mengantisipasi Luapan Air Sungai susulan.

Hadir dalam kegiatan sbb ;
Kapolres Batu Bara AKBP Jose D.C Fernandes, S.Ik – Kabag Ops Polres Batu Bara Kompol Imam Alriyuddin, SH. MH – Kasat Samapta Polres Batu Bara AKP D. P. Sinaga, SH – Kasat Binmas Polres Batu Bara AKP Agus Tina Lestari Br Ginting, S.Ik. M.Si – Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi, SH. MM – KBO Lantas IPTU J Manurung – Kanit Regiden IPDA RIKI Hamdany, SE dan Personel Patroli Sat Samapta Polres Batu Bara dan Personil Polsek Lima Puluh. (STAF07/KTN)

Bagikan :