Tenggelam Di Danau Toba, Jasad Candra Simbolon Ditemukan Penyelam

Foto Candra Simbolon
Foto Candra Simbolon
Bagikan :

Samosir-Kliktodaynews.com Seorang pemuda asal Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang tenggelam di Danau Toba saat berenang dengan teman-temannya akhirnya ditemukan. Pemuda bernama Candra Nuary Kasih Simbolon ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Humas Kantor SAR Medan, Hisar Turnip mengatakan, penemuan jasad pemuda berusia 19 tahun itu berada tidak jauh dari lokasi pertama kali dikabarkan tenggelam. Penemuannya sekitar 70 meter dari tepi pantai.

“Hasil operasi hari kedua, korban ditemukan meninggal dunia pukul 09.30 WIB tadi,” kata Hisar, Selasa (28/4/2020).

Awalnya, petugas mencoba mencari jejak dimana korban terakhir kali berenang, dengan menggunakan spead boat dan dua perahu nelayan. Adapun tim yang turun, tujuh orang dari SAR Parapat, tiga orang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir, dua orang anggota Polsek Pangururan, dua orang Koramil dan puluhan masyarakat nelayan.

Komandan regu Pos SAR Parapat, Jonatan Purba didampingi penyelam Donal Hutapea dan Jon Hedin Manurung, Nove Rius Mondo mengatakan pihaknya mencoba mencari korban sesuai pengalaman yang dimiliki selama ini.

Baca Juga :  Kuasa Hukum DPC SPSI Samosir Apresiasi PT. BRP Sacna Pekerjakan Kembali Karyawan Yang Di PHK


Dijelaskannya, korban ditemukan sekitar 15 meter dari bibir pantai dengan kedalaman dasar danau sekitar 8 meter. Kata Jonatan Purba, dua orang regu penyelam yaitu Donal Hutapea dan Jon Hendi Manurung masuk ke dalam air dan selama 10 menit kemudian keduanya muncul ke permukaan bersamaan dengan jenazah Chandra Simbolon.

“Tubuh korban dalam keadaan telungkup di dasar Danau Toba dengan mengenakan celana pendek tanpa baju. Kini jenazahnya telah dibawa ke Rumah Sakit Umum (RSU) Pangururan guna pemeriksaan medis atau autopsi. Sementara seluruh tim dari SAR Parapat kembali ke pos,” kata Jonatan Purba

Pasca-penemuan, jasad korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit (RSU) Pangururan, Kabupaten Samosir, untuk dilakukan pemeriksaan medis atau autopsi. Jasad korban ditemukan oleh Tim Rescue Pos SAR Danau Toba dan Potensi SAR.

“Operasi SAR ditutup dengan ditemukannya korban,” ujarnya.

Korban atas nama Candra Nuary Kasih Simbolon merupakan warga Jalan Air Bersih Ujung, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Korban tenggelam di Danau Toba saat sedang mandi sambil berenang bersama teman-temannya.
Baca Juga :  Ikatan Wartawan Online (IWO) Ucapkan HUT Bhayangkara ke-74


Hisar menuturkan, sebelum tenggelam, Candra diketahui sudah seminggu berada di kawasan Danau Toba bersama 2 temannya, Yose Naibaho dan Pahu Ala Situmeang yang juga warga Medan.

Kabar tenggelamnya korban pertama kali dilaporkan pelaku usaha wisata setempat, Senin, 27 April 2020.

Lokasi tenggelamnya korban di perairan dekat Pantai Parbaba, Danau Toba, tepatnya di depan Raja Hotel, Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Laporan itu awalnya disampaikan kepada Camat Pangururan dan diteruskan kepada Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Samosir, serta Koordinator Pos SAR Danau Toba.

“Tim penyelamat dan pertolongan dikerahkan untuk mencari korban. Korban dilaporkan tenggelam sekitar pukul 12.20 WIB,” terangnya. (RED/KTN)

Bagikan :