Keluhan Mahasiswa Terkait Beasiswa, Ketua Komisi I DPRD Samosir Angkat Bicara

Ketua Komisi I DPRD Samosir Saurtua Silalahi ST
Ketua Komisi I DPRD Samosir Saurtua Silalahi ST
Bagikan :

Samosir – Kliktodaynews.com Saurtua Silalahi ST selaku ketua komisi I DPRD Samosir meminta agar Pemerintah Kabupaten Samosir tidak berlebihan menanggapi kritikan masyarakat. Terlebih isu-isu yang beredar di media sosial.

Menurut politisi dari Partai Gerindra ini, langkah Pemerintah kabupaten Samosir yang merespon hal itu dengan menegaskan bahwa tidak boleh double penerima bantuan, kurang tepat. Karena justru memperkeruh suasana saling silang pendapat masyarakat di media sosial.

“Harusnya Pemkab Samosir menindaklanjuti persoalan ini dengan duduk bersama dengan mahasiswa yang kecewa tersebut. Sehingga persoalan itu menemukan titik terang,” ungkap Saurtua Silalahi ST Saat diwawancari KLIKTODAYNEWS pada Selasa 21 juli 2020.

Hal ini disampaikan menanggapi viralnya video seorang mahasiswa asal Samosir, Roma Theresia Sitanggang, yang merasa kecewa karena janji Bupati Rapidin Simbolon kepada setiap siswa SMA kelas III yang berhasil lolos ke salah satu universitas top di Indonesia akan diberikan beasiswa dari APBD Samosir, namun janji itu tidak dipenuhinya.

Saurtua Silalahi juga menjelaskan Pemkab Samosir seharusnya mengapresiasi dan bangga atas prestasi Romauli Theresia Sitanggang yang lulus ke salah satu PTN. Prestasi itu sesuai dengan visi dan Kabupaten Samosir yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pariwisata dan pertanian bahwa pendidikan menjadi ujung tombak menciptakan masyarakat Samosir yang berdaya saing.

Baca Juga :  Bupati Samosir Akan Berikan Beasiswa Ke 7 Anak Almarhum Rianto Simbolon


“Kita sesalkan mahasiswa tersebut justru mendapat perundungan di media sosial yang dapat berdampak pada kesehatan fisik dan emosional seseorang, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang,” tuturnya.

Kepada Mahasiswa/i Saurtua Silalahi berpesan agar jangan takut menyampaikan keluhan juga berharap tetap berprestasi.

“Kepada adek-adek mahasiswa jangan pernah takut menyampaikan pendapat ataupun keluhan. Tetaplah berprestasi untuk menggapai cita-citamu” tegas Saurtua

Sebelumnya, merespon video viral tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menegaskan mahasiswa penerima bantuan beasiswa Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi) tidak dibolehkan menerima bantuan beasiswa dari manapun.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Rikardo Hutajulu, Senin (20/7/2020). “Jika Pemkab Samosir memberikan beasiswa dari APBD Samosir, penerima beasiswa Bidikmisi akan diberhentikan,” ujar Rikardo. (EDW/KTN)

Bagikan :