Bupati Samosir Mengeluarkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020

Kabupaten Samosir
Kabupaten Samosir
Bagikan :

Samosir – Kliktodaynews.com Pemerintah kabupaten Samosir menjelaskan bahwa Pencegahan dan penanganan COVID-19 bergerak dinamis sesuai perkembangan keadaan yang sedang dijalani. Hal ini disampaikan dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) pada Sabtu, (25/7/2020).

Presiden Jokowi telah mengeluarkan Perpres Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Jika sebelumnya fokus pada pencegahan dan penanganan COVID-19, maka kini pada saat normal baru Pemerintah memutuskan untuk menangani COVID-19 sekaligus memulihkan ekonomi nasional. Jadi, perlu ada keseimbangan antara tindakan penanganan dan memulihkan.

Pada level daerah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kamis (23/7/2020) mengajak kepada daerah untuk memaksimalkan potensi daerah mengingat adanya penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 0.56% pada kuartal I tahun 2020 (4.65%) dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2019 (5.21%). Ajakan ini diharapkan segera ditindaklanjuti pada level kabupaten/kota.

Pemerintah Kabupaten Samosir, tentu saja, akan mengoptimalkan potensi daerah, pariwisata dan pertanian.

Menurut kadis kominfo Rohani Bakkara di dalam pesan Grup WhatsApp, Sejauh ini Bupati Samosir telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Samosir Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease (COVID-19). Hasil implementasi surat edaran ini diharapkan menghidupkan kembali aktivitas ekonomi masyarakat secara umum dengan tetap mengutamakan kesehatan.

Baca Juga :  PMI Lakukan Aksi Donor Darah Bersama Polres Samosir


Di tengah pandemi COVID-19 dengan penerapan normal baru, Pemerintah Kabupaten Samosir akan memaksimalkan potensi daerah yaitu pariwisata dan pertanian sesuai visi yang telah ditetapkan.

Pembukaan tujuan-tujuan wisata di Samosir berbasis protokol kesehatan selama bulan Juli 2020 ini merupakan upaya awal untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata sekaligus meningkatkan pendapatan daerah. Satgas penangan COVID-19 Samosir akan berupaya semaksimal mungkin menciptakan wisata aman bagi warga Samosir, wisatawan nusantara, dan mancanegara. Berbekal pengalaman pencegahan dan penanganan yang telah dilakukan, Satgas penannganan COVID-19 akan memperkuat kerja sama dengan para pihak untuk percepatan pemulihan sektor pariwisata yang sempat ditutup beberapa waktu.

Di samping itu kepala dinas Kominfo juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir juga akan memaksimalkan hasil-hasil pertanian dan peternakan untuk kebutuhan dalam dan luar daerah.

“Upaya lintas SKPD terkait telah dimaksimalkan untuk menjamin tersedianya kebutuhan pokok dari hasil pertanian dan peternakan di pasar-pasar tradisional yang berasal dari masyarakat Samosir secara umum. Kita bersyukur, selama pandemi, transaksi hasil-hasil pertanian dan peternakan tetap berjalan di pasar-pasar tradisional” ujar kadis kominfo.
Baca Juga :  DPC Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Samosir Sedang Berduka


Satgas Penanganan COVID-19 Samosir mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas di seluruh sektor kehidupan sehari-hari. Tujuan kita sama yaitu memaksimalkan potensi daerah kita: pariwisata dan pertanian. Mari kita tingkatkan geliat pariwisata dan pertanian berbasis protokol kesehatan yang ketat demikian juga untuk seluruh sektor lainnya sebagai satu kesatuan yang utuh. (REL/KTN)

Bagikan :