Masyarakat Minta Bupati Kampar Copot Kades Naga Beralih

Bagikan :

Kampar-Kliktodaynews.com Dianggap tidak transparan mengelola Dana Desa (DD) Kepala Desa Naga Beralih Rajali Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dilaporkan Forum Masyarakat Desa Naga Beralih ke Bupati Kampar untuk diberhentikan dari jabatannya.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Forum Masyarakat Desa Naga Beralih Bersatu Kecamatan Kampar Utara, Rajunel Jasra, ST Selasa(14/7/2020) kepada Kliktodaynews.com.

Laporan tersebut ditanda tangani 400 orang warga dengan 30 poin masalah dan disampaikan melalui Camat Kampar Utara.sekira tanggal 15 Juni 2020 bulan lalu, dengan tembusan Bapak Bupati Kampar, Ketua DPRD Kampar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Inspektorat Kampar, Ketua BPD dan Anggota 9 orang.

Menurutnya, tidak adanya transparan dan Demokratis dalam penunjukan dan pengangkatan Aparat Desa serta Pemberhentian, yang seharusnya ada proses dan mekanisme yang sesuai dengan Perda Tahun 2017, menjadi salah satu laporan mereka.

Kemudian, kurang harmonis antara Lembaga lain yang ada di Desa seperti LPM dan lainnya serta Pembangunan yang sumber dananya dari Dana Desa pada Tahun Anggaran 2018 dan 2019 yang tidak berfungsi.

Baca Juga :  Kadis Kominfo Kampar Tantang APH Periksa Kas Daerah Terkait Dana Covid-19


Pembangunan Box Culvert, Posyandu, PAUD, Semenisasi, dengan sistem pengerjaannya di borongkan kepada orang yang tidak tinggal di Desa itu sendiri juga melanggar Perbup Tahun 2018.

Penyertaan Modal BUMDes Rabbani yang di paksakan oleh Oknum-oknum sehingga tidak berjalannya modal 200 an Juta, Penerima BLT DD Tahun 2020 diduga tidakTransparan dan tidak tepat sasaran.

Insentif Guru PDTA, Guru TK, Guru MDA, yang indikasinya dipotong, Bantuan Rehab rumah masyarakat yang bersumber dari dana pemerintah setiap penerima mendapat 17 Juta,dipungli 5 juta untuk kepentingan pribadi Rajali.

Pungli juga terjadi pada pengurusan surat tanah 1-10 Jt, pengurusan prona (Sertifikat) yang berpariasi terhadap masyarakat 30-300 ribu per suratnya.

Pungutan terhadap masyarakat yang berlokasi di Pekerjaan Kontruksi Jalan Tol Trans Sumatera seksi Pekanbaru-Padang ruas Pekanbaru-Bangkinang. Sebesar 200.000-2.000.000 per KK.(HENGKY/KTN)

Bagikan :