KPUD TOBA SAMOSIR MELAKUKAN SIMULASI RIEL PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA

Bagikan :

Toba Samosir-Kliktodaynews KPU Toba Samosir melaksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di TPS 001 Desa Sitoluama Kec. Laguboti tanggal 3 Maret 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata yang akan dihadapi pada tanggal 17 April 2019 nanti, sehingga potensi masalah, hambatan dan persoalan yang mungkin terjadi nanti dapat diantisipasi dan diminimalisir.

Jumlah pemilih dalam DPT dalam simulasi 207 dan daftar pemilih tambahan 32 pemilih. Yang mayoritas dari pemilih mahasiswa yang ada dari kampus IT DEL.

KPU Toba Samosir juga sangat mengapresiasi kedatangan dari Sekda Kabupaten Toba Samosir hadir tepat jam 07.00 WIB di lokasi TPS dan undangan lainnya termasuk dari Polres Tobasa dan pengadilan negeri balige.

Koordinator devisi teknis Rantu Pasaribu yg selaku penanggung jawab kegiatan tersebut yang sudah hampir 3 minggu mempersiapkan kegiatan tersebut . Dia berharapa makna dan tujuan dari simulasi tersebut bisa menjadi bahan untuk bimtek ke KPPS nanti menjadi bahan yg realita di sampaikan ke petugas tps.

Salah satu yg mendasari tps 001 Desa Sitoluama dipilih menjadi lokasi perwakilan TPS dari 628 di Kabupaten Toba Samosir adalah melihat tingginya pemilih DPTB di desa sitoluama. Dan dengan harapan disat 17 April nanti KPPS 4, 5 yg bertugas dipintu masuk, bisa lebih teliti dan aktif melihat data pemilih yg datang di tps sebelum di daftarkan kr formulir C7 setiap tingkatan.

Pelaksaanaan simulasi riel ini dilaksanakan riel seperti pemilihan yg nyata, bahwa c6 harus didistribusikan H-1 sudah selesai, dan KPU juga melakukan hal itu dalam hal sebelum simulasi, termasuk logistik didistribusikan h-sudah di pps.

Dalam pemungutan suara dan perhitungan di dalam simulasi KPPS juga memulai jam 07.00 wib sampai jam 13.00 waktu setempat, dan langsung dilanjutkan perhitungan suara sampai dengan selesai. Petugas kpps yg dilakukan dlm simulasi tersebut riel petugas kpps tps 001 desa sitoluama yg sudah diumumkan memenuhi syarat dan lulus.(wakeup)

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*