Siswa SD sampai SMA di Siantar Ikuti Lomba Memperingati Hari Lingkungan Hidup

Bagikan :

PEMATANGSIANTAR – Kliktodaynews.com|| Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Siswa SD/SMP/SMA Sederajat Tahun 2022. Yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di balai Rahmat Syah Taman Hewan Kota Pematangsiantar.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kusdianto SH menyampaikan, thema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun ini adalah “Only One Earth”. Sedangkan Negara Indonesia mengambil thema “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

Disebutkan, dunia menyadari manusia awalnya menjadi bagian dari jejaring ketergantungan kehidupan di biosfer bumi ini. Tetapi seiring pertumbuhan penduduk, kemajuan teknologiz dan aktivitas kehidupan manusia di bumi ini, muncul kekhawatiran bahwa manusia bisa menjadi ‘ancaman’ bagi keberlanjutan kehidupan di bumi ini.Untuk itu kita perlu berubah, peduli dan memelihara kelestarian lingkungan hidup,” katanya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 menjadi momen penting bagi kita untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian, dan meningkatkan perilaku adil terhadap lingkungan. Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih, dan hijau membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak, melalui tindakan mandiri, bekerja sama, bersinergi, serta berkelanjutan.

Plt Wali Kota Susanti mengajak masyarakat, “Mari peduli dan lindungi lingkungan kita, khususnya untuk Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini. Mari kita tingkatkan kesadaran, kepedulian, dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan bersih dan sehat.

Khusus bagi anak-anak yang mengikuti lomba diharapkan melalui kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup ini yang dirangkaikan dengan Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan komitmen untuk tetap peduli dan melindungi kelestarian lingkungan hidup untuk berbuat baik dan adil terhadap lingkungan hidup,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pematangsiantar Dedy Tunasto Setiawan SH dalam laporannya menyampaikan, maksud diselenggarakannya kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus menyampaikan thema nasional Lingkungan Hidup Tahun 2022, yakni “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

Sedangkan tujuan dilaksanakannya peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Perlombaan Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat SD, SMP, SMA Sederajat Kota Pematangsiantar Tahun 2022 yaitu, hanya ada satu bumi tempat kehidupan umat manusia, dahulu, sekarang dan masa mendatang. Oleh karena itu diperlukan kesadaran, komitmen, dan upaya melindungi serta menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup untuk kehidupan yang lebih baik, juga untuk generasi yang akan datang.

Masih kata Dedy Tunasto, peserta Perlombaan Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat SD SMP, SMA Sederajat Kota Pematangsiantar Tahun 2022 yakni 18 SD sederajat, 20 SMP sederajat, dan 13 SMA sederajat.

Sedangkan Lomba Daur Ulang Sampah diikutu 4 SMP/sederajat. Sementara Lomba Lagu Lingkungan diikuti 4 SMA sederajat 4.

Tim penilai (juri), lanjutnya, berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, pegiat Lingkungan Hidup, dan pegiat Ekonomi Kreatif.

Dedy menjelaskan, Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat SD dan SMP dilaksanakan dengan metode lomba menggambar dan penjelasan gambar. Untuk tingkat SMA sederajat dilaksanakan dengan metode menulis dan penjelasan tulisan.

Sementara Lomba Daur Ulang Sampah dilaksanakan dengan metode lomba mendaur ulang sampah menjadi produk kreatif. Sedangkan Lomba Lagu Lingkungan dilaksanakan dengan lomba menyanyikan lagu wajib dan lagu pilihan, yaitu lagu yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Turut hadir, para pimpinan OPD dan camat se-Kota Pematangsiantar, Kepala UPTD Siantar-Simalungun, mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, para juri dan narasumber, para kepala sekolah dan guru pendamping, serta peserta lomba. (VS/KTN)

Bagikan :