Rayakan Bulan Bung Karno, Timbul Lingga: Pancasila Harga Mati Bangsa

Ketua DPC PDI Perjuangan Pematangsiantar, Timbul Lingga
Bagikan :

PEMATANGSIANTAR – Kliktodaynews.com|| DPC PDI Perjuangan kota Pematangsiantar ikut menyemarakkan Bulan Bung Karno yang jatuh setiap bulan Juni.

Bulan Juni ini kita memperingati Bulan Bung Karno. PDI Perjuangan Pematangsiantar ikut menggelorakan bulan bung Karno yang diisi dengan berbagai kegiatan,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Pematangsiantar , Timbul Lingga, Jumat (18/6/2021) .

Timbul Lingga menjelaskan setiap bulan Juni diperingati sebagai Bulan Bung Karno karena pada bulan ini penuh dengan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan Bung Karno. Sebagaimana kita ketahui bersama, pada rezim order baru ada sebuah gerakan yang dikenal dengan De-Soekarnoisasi yang artinya seolah-olah ingin menghilangkan jejak Soekarno. Padahal kita ketahui bahwa Soekarno adalah bapak Bangsa sang Proklamotor yang mempunyai peranan penting dalam melahirkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kemudian, Bung Karno kita kenal sebagai salah satu pencetus Pancasila yang kemudian dijadikan ideologi dasar negara Indonesia,”sebut Timbul.

Lebih lanjut Timbul Lingga menambahkan,  Juni diperingati sebagai Bulan Bung Karno karena pada bulan ini penuh dengan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan Bung Karno. Pada 1 Juni 1945, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, Bung Karno untuk kali pertama menyampaikan gagasan tentang lima sila dasar negara, yang dinamakan Pancasila. Hari itulah, 1 Juni, yang kini kita kenal sebagai Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga :  GIAN Desak Poldasu Tangkap Bandar Narkoba Kampung Banjar

“Pancasila harga mati, Pancasila adalah dasar negara kita,”tegas Timbul.

“Mudahan-mudahan dengan momentum bulan bung Karno menjadi spirit untuk membumikan ajaran Bung Karno kedepan terkhusus bagi Kader PDI Perjuangan,”tutup Timbul Lingga. (RED/KTN)

Bagikan :